Desa Adat Kapal Gelar Persembahyangan Bersama Hari Galungan

posbali.id
Persembahyangan secara bersama saat Hari Suci Galungan oleh Krama Desa Adat Kapal di Pura Puseh dan Desa, Desa Adat setempat, Rabu (1/11).

 

KAPAL, POS BALI – Persembahyangan saat Hari Suci Galungan di Pura Desa dan Puseh Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi, Badung, Rabu (1/11) lalu sedikit berbeda dari persembahyangan Galungan sebelumnya. Jika sebelumnya persebahyangan dilakukan secara mandiri, pada Galungan kali ini wajib dilakukan secara bersama-sama.

Menurut Jro Bendesa Adat Kapal, I Ketut Sudarsana, hal dilakukan agar warga dapat beriteraksi satu dengan yang lainnya. Ia menyebutkan, Desa Adat Kapal memiliki 2.500 KK dan lebih dari 15 ribu jiwa.

“Jika sebelumnya, warga datang langsung sembahyang sendiri-sendiri, setelah itu langsung kembali. Galungan ini kami lakukan secara bersama yang dipimpin langsung oleh pemangku dan prajuru adat. Ini agar persembahyangan lebih tertib dan terjadi interaksi antara warga,” katanya.

Selain itu, penulis buku adat dan agama Hindu ini menekankan agar umat dapat menjadikan pura tidak hanya sebagai tempat untuk melakukan persembahyangan. Akan tetapi, juga memaknai sebagai tempat pendidikan dan sebagai artefak sosial untuk sosialisasi dan interaksi antar krama desa. Terbukti, persebahyangan yang dimulai pukul 06:00 hingga 15 kali sesi itu berlangsung tertib.

“Saya mengajak agar persembahyang dilakukan dengan lebih tertib lagi. Kalau dulu krama lanang langah-langan ke pura, (laki-laki jarang-jarang ke pura), sekarang dengan sistem yang baru dengan diumumkan persembahayang bersama, sudah banyak yang sembahyang khusunya krama lanang,” sebut Sudarsana.

Tidak hanya di Pura Desa dan Puseh, persembahyangan di pura lain di wilayah Desa Adat Kapal juga dilakukan hal serupa. Meski saat persembahyangan Galungan tidak diisi dengan dharma wacana. “Dharma wacana diberikan biasa saat piodalan. Kalau saat Galungan tidak. Ini agar krama memiliki cukup waktu untuk bersembahyang di pura-pura lainnya,” ujar Bendesa yang menjabat sejak Januari 2017 ini. 020

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *