Delegasi OWHC Lepas 400 Tukik

posbali.id

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Menjaga kelestarian ekosistem habitat Penyu di perairan luas di Bali, Pemerintah Kota Denpasar laut luas, di bibir Pantai Sanur, Selasa (9/8). Pelepasan tukik ini di pimpin Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede bersama delegasi Organitation World Heritage City (OWHC) Asia Pasifi k. Pelepasan Tukik ini sebagai wujud nyata pemerintah dalam pelestaraian habitat penyu di Bali khusunya di Denpasar, dikarenakan penyu kini telah menjadi perhatian dunia karena habitat penyu semakin berkurang dan langka.

Wakil Walikota Jaya Negara kepada masyarakat diimbau ikut melestarikan spesies penyu, dengan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari penyu, tidak menggunakan barang-barang yang terbuat dari cangkang penyu, tidak membuang sampah plastik dan benda-benda lain yang berbahaya ke dalam laut. “Menjaga kesehatan terumbu karang, karenan terumbu karang yang sehat merupakan tempat makan dan tempat tinggal yang baik untuk penyu dan turut mendukung program konservasi penyu laut,” jelasnya.

Yayasan Penyu Lestari Serangan, Wayan Geriya mengatakan, tukik-tukik yang di lepas ini merupakan hasil dari penangkaran penyu di wilayah Serangan, dengan umur tukik yang di lepas berumur satu bulan. Adapun jenis tukik yang dilepas hari ini yakni penyu lekang atau dikenal dengan nama Olive ridley turtle (Lepidochelys olivacea), dimana penyu jenis lekang ini memiliki sisik yang sangat halus dengan bentuk sisik tengah yang membulat dan sisik samping memanjang. “Tukik yang di lepas ini akan nantinya akan kembali lagi ke pesisir pantai dengan jarak 10 tahun lamanya untuk bertelur, yang mana penyu ini bisa bertelur sampai ratusan telur sekalinya dalam satu periode dalam setahun, jadi setelah bertelur ini kami akan menjaga dan menangkar telur ini sampai menetas kembali dan siap untuk dilepas kelaut, ini merupakan salah satu upaya di dalam menjaga kelestarian habitat penyu,” tegas Geriya. 019

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

3 tanggapan untuk “Delegasi OWHC Lepas 400 Tukik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!