Dekranasda Denpasar Terus Galakkan Promosi

posbali.id

Fokuskan bagi Perajin Baru Berkembang

 

I Wayan Supartha

DEWAN Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar terus menggalakkan program promosi peningkatan produk perajin.

Fokus program tidak saja pengembangan industri kreatif tenun ikat endek yang telah berkembang, namun juga pada peningkatan promosi bagi para perajin yang baru berkembang di Kota Denpasar.

“Memasuki era industri kreatif saat ini, dengan imbas para perajin di Kota Denpasar terus mengalami peningkatan kreativitas produk. Tingginya gairah perajin yang baru mengalami perkembangan akan terus kami support dalam program promosi produk,” ujar Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. IA. Selly Dharmawijaya Mantra, saat memimpin rapat pengenalan pengurus baru Dekranasda Kota Denpasar Periode Tahun 2016-2021, Kamis (11/8) kemarin.

Menurut Ny. Selly, dari program promosi ini digalakkan dengan program monitoring dan evaluasi dalam meningkatan data riil jumlah perajin di Kota Denpasar. Hal ini tentunya telah dilakukan sebelumnya yang dapat terus ditingkatkan, dengan melakukan validasi data di lapangan. Sehingga, program yang akan dilakukan ke depan bisa sesuai dengan sasaran dalam promosi peningkatan produk bagi para perajin di Denpasar.

Produk kerajinan Kota Denpasar tidak hanya sebatas pada tenun ikat, namun juga produk spa, pande besi, perak, kipas, hingga produk kreatif pengolahan daur ulang. “Promosi melalui kegiatan pameran menjadi program berkelanjutan dengan melibatkan para perajin yang baru berkembang, dengan merambah pameran lokal hingga internasional,” ujar Selly.

Program promosi ini tak terlepas dari harapan Walikota IB. Rai Dharmawijaya Mantra untuk dapat memberikan program peningkatan produk bersama para perajin, dengan melihat peluang dan tantangan di lapangan. Di samping itu, pelatihan-pelatihan bagi para perajin yang rutin digelar dapat terus ditingkatkan, dengan melibatkan instansi terkait dan desainer lokal maupun nasional. Sehingga, dari program pelatihan ini dapat memberikan peningkatan ciri khas produk unggulan perajin Kota Denpasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Wayan Gatra yang juga selaku Ketua Harian Dekranasda Denpasar mengatakan, upaya peningkatan produk perajin di Kota Denpasar juga telah dirangkul lewat Denpasar Desain Centre yang terletak di Jl. Melati Denpasar. Desain produk hingga desain packaging atau desain kemasan dapat dilakukan peningakatan kreativitas, yang diharapkan mampu memberikan citra bagi produkproduk usaha kecil menengah di Kota Denpasar.

Saat ini, terdapat 400 perajin di Kota Denpasar yang telah memanfaatkan Denpasar Desain Centre dalam pembuatan kemasan peningkatan citra produk kerajinan. Di samping itu, juga melaksanakan lomba Cipta Karya Kreatif setiap tahunnya untuk membantu dan memberikan masukan bagi para perajin dalam peningkatan tampilan produk.

Sementara Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Denpasar, Made Saryawan mengatakan, pengangkatan pengurus baru Dekranasda Kota Denpasar Periode  2016-2021 menetapkan pembina, penasehat, pimpinan daerah Dekranasda Kota Denpasar, serta menetapkan enam bidang pelaksana tugas-tugas Dekranasda dalam melestarikan dan mengembangkan seni budaya bangsa.

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Dekranasda Denpasar Terus Galakkan Promosi

  • 06/11/2018 pada 4:53 AM
    Permalink

    Manchester City have made an encouraging start to the season and it was clear from their training session on Tuesday that has brought about a real sense of excitement. Manchester City’s squad laugh and joke in light-hearted training session ahead of Carabao Cup clash

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!