Dampak Gunung Agung, Kunjungan Wisatawan ke Karangasem Menurun

posbali.id

KARANGASEM, POS BALI ONLINE – Status level awas Guung Agung rupanya mulai terasa bagi dunia pariwisata di Karangasem. Kunjungan wisatawan ke Bumi Lahar mulai menurun sejak sepekan terakhir. Wisatawan asing dan domestik mulai berangusr-angsur meninggalakan Karangasem dengan alasan keamanan.

Sementara banyak pula wisatawan yang membatalkan pesanan paket travel dan hotel yang telah dipesannya di Karangasem. “Sekarang mulai terlihat ada penurunan tamu, bahkan di beberapa wilayah di Karangasem sudah turun lebih dari 50 persen,” ujar Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Karangasem, I Wayan Tama saat ditemui, Rabu (11/10/2017).

Tama menjelaskan bahwa di Kecamatan Selat dan Kubu hampir sudah tidak ada wisatawan karena masuk zona rawan. Kawasan penyangganya seperti di Amed di Kecamatan Abang kini mulai sepi wisatawan. “Saya dapat laporan dari anggota PHRI yang di Amed bahwa beberapa hotel dan restoran di sana sudah tutup karena tidak ada tamu,” terangnya.

Tama yang juga anggota DPRD Karangasem itu menjelaskan bahwa di Amed ada sekitar 500 kamar hotel. Namun hanya sekitar 50 kamar saja yang terisi. Sementara dari 50 restoran yang ada 30 diantaranya sudah tutup. “Banyak hotel dan restoran yang terpaksa merumahkan karyawannya, sebab tamu yang datang hanya 2-3 orang saja,” tuturnya.

Baca : https://www.posbali.id/antisipasi-lahar-gunung-agung-tukad-unda-diberi-tanggul-setinggi-3-meter/

Tamu mengaku dirinya yang mengelola hotel di Kawasan Wisata Candidasa masih bisa beroperasi. Sebab wilayah itu masuk sebagai zona aman. Kendati demikian, wisatawan yang datang berkurang dari biasanya karena bulan September-Oktober seharusnya masuk hight season. “Biasanya hunian masuk 70% tapi karena situasi seperti ini paling terisi 50% saja” terangnya.

Sebagai upaya megantisifasi erupsi Gunung Agung, pihaknya sudah menyiapkan evakuasi mandiri pada masing-masing hotel. Dirinya telah berkordinasi dengan BPBD sehingga setiap hotel wajib menyiapkan kendaraan khusus yang siap sewaktu-waktu mengangkut para wisatawan untuk dievakuasi. “Jika gunung meletus para tamu diangkut ke Pelabuhan Padangbai untuk disebrangkan ke Lombok,” terangnya. Para wisatawan kembali ke negaranya memakai Bandara di Lombok karena Bandara Gusti Gurah Rai kemungkinan ikut tertutup jika erupsi. 017

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

2 tanggapan untuk “Dampak Gunung Agung, Kunjungan Wisatawan ke Karangasem Menurun

  • 26/10/2018 pada 7:32 PM
    Permalink

    GUERLAIN 嬌蘭 【提洛可系列】摩洛哥女神修飾筆 TERRACOTTA LIGHT SUMMER BRONZING POWDER的商品介紹 GUERLAIN 嬌蘭,提洛可系列,摩洛哥女神修飾筆 TERRACOTTA LIGHT SUMMER BRONZING POWDER

    Balas
  • 05/11/2018 pada 5:34 AM
    Permalink

    Juventus are considering a loan move for Chelsea defender Branislav Ivanovic — and are ready to launch a £9million summer bid for the Blues’ France winger Florent Malouda. Juventus set their sights on Chelsea pair of Ivanovic and Malouda

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!