Cagar Budaya Klungkung Dilirik Jadi Wisata Baru

posbali.id

KLUNGKUNG, POS BALI – Pemerintah Kabupaten Klungkung mulai melirik situs, benda, bangunan, struktur maupun cagar budaya untuk dikembangkan dan dimanfaatkan sebagai objek wisata baru. Sebagai tindak lanjutnya, Dinas Kebudayaan Klungkung, Selasa (21/11) melakukan sosialisasi Undang-Undang nomor 11 tahun 2017  tentang Cagar Budaya di Ruang Rapat Bhineka Guna Praja, Kantor Camat Klungkung dan dihadiri oleh Wabup Klungkung Made Kasta, Camat Klungkung Komang Gde Wisnuadi, Sekretaris Dinas Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung I Gusti Ketut Kaler, dan Majelis Madya Desa Pakraman Kabupaten Klungkung Ketut Rupia.

“Cagar budaya merupakan kekayaan budaya bangsa sebagai wujud pemikiran dan prilaku kehidupan manusia, sehingga perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan dalam  rangka memajukan kebudayan nasional dan kemakmuran rakyat,” demikian kata Wakil Bupati Klungkung Made Kasta seraya menyatakan Pemerintah Kabupaten Klungkung akan terus berupaya mengembangkan dan memanfaatkan situs, benda, bangunan, struktur maupun cagar budaya sebagai objek wisata baru.

Sementara Sekretaris Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Klungkung I Gusti Ketut Kaler menyampaikan sosialisasi ini perlu dilakukan untuk melestarikan warisan budaya bangsa dan warisan umat manusia. Karena cagar budaya itu dinilainya mampu meningkatkan harkat dan martabat bangsa, memperkuat keperibadian bangsa, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mempromosikan warisan budaya bangsa kepada masyarakat internasional.

“Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam setahun di masing-masing Kecamatan di Kabupaten Klungkung, dimana untuk Kecamatan Banjarangkan dan Kecamatan Dawan sudah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2017 dan tanggal 16 November 2017 lalu dan nantinya akan disusul dilaksanakan di Kecamatan Nusa Penida,” tutupnya.022

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *