Bupati Made Gianyar Luncurkan Bus Perintis Perum Damri

posbali.id

BANGLI, POS BALI ONLINE – Bupati Bangli, Made Gianyar didampingi Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta disaksikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Bangli, GM PT Damri Denpasar, Dr. Gede Pasek Suardika, M.Sc, Kepala Balai LLAJ SDP, Moh. Malawat, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, Senin (22/5) meluncurkan enam armada bus perintis Perum Damri.

Adapun rute Kota Bangli-Desa Kedisan-Desa Songan dan Kota Bangli-Desa Bantang-Desa Satra Kintamani-MadenanTejakula Kabupaten Buleleng. Peluncuran bus perintis dipusatkan di depan Kantor Bupati Bangli, ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga dan penyiraman tirta (air suci).

Bupati Made Gianyar pada kesempatan itu megucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan dan Direksi Damri karena Bangli sudah dipilih sebagai daerah perintisan mode transportasi publik.  Menurutnya, disamping bisa menekan polusi udara, kehadiran bus perintis Damri di Kabupaten Bangli bisa menjadi alternatif transportasi publik.

Ia mengatakan, Jepang yang notabene negara maju dan kaya, sebagian besar aktivitas masyarakatnya menggunakan mode transportasi publik.  Bupati Made Gianyar mengimbau masyarakat untuk mulai beralih menggunakan trasportasi publik. Apalagi Bangli sekarang sudah memiliki bus perintis yang pasti bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang memanfaatkannya.

Selain aman dan nyaman, sambung Bupati, tarif yang ditetapkan bus perintis ini juga sangat terjangkau karena masih disubsidi oleh Kementerian Perhubungan. Tarif untuk trayek Kota Bangli-Desa Kedisan-Desa Songan atau sebaliknya hanya dipatok Rp5 ribu. Sedangkan untuk rute Kota Bangli-Desa Bantang-Desa Satra Kintamani-Madenan-Tejakula Kabupaten Buleleng atau sebaliknya hanya dipatok Rp10 ribu.

“Kami ingin masyarakat yang bertempat tinggal di rute bus perintis bisa memanfaatkan layanan bus printis. Selain tarif yang murah, fasilitas yang diberikan pasti memberikan rasa aman dan nyaman bagi penggunanya,” katanya seraya berharap ke depan bus perintis Damri bisa melayani lebih banyak rute.

Hal senada disampaikan Wabup Sedana Arta. Menurutnya, kehadiran angkutan perintis bus Damri ini dapat memberikan pilihan bagi warga dalam memilih sarana angkutan yang nyaman. Dengan adanya angkutan bus ini, pemerintah berharap angkutan lainnya juga dapat memberikan rasa yang aman, nyaman dan selamat kepada penumpang.

Usai acara peluncuran, Bupati Made Gianyar didampingi Wabup Sedana Arta dan para undangan melakukan pengecekan fasilitas dan uji coba dengan menaiki bus Damri mengelilingi Kota Bangli. Di pihak lain Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bangli, I Gede Arta menegaskan trayek bus ini tidak akan mengganggu rute angkot yang sudah ada.

“Tujuan pemerintah hanya sebatas memberikan pelayanan bagi masyarakat yang belum terlayani angkutan umum, itu saja,” katanya. Ia menambahkan, bantuan dari Pusat ini semuanya ditanggung oleh pusat. “Semuanya sudah pusat yang mengurus, mulai dari biaya perawatan, hingga gaji untuk sopir dan kondekturnya,”ujarnya. 028/**

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

2 tanggapan untuk “Bupati Made Gianyar Luncurkan Bus Perintis Perum Damri

  • 27/10/2018 pada 11:13 AM
    Permalink

    ARTISTRY 安麗 【紅魚子緊緻系列】紅魚子緊緻極粹精華 Lifting Essence Concentrate的商品介紹 ARTISTRY 安麗,紅魚子緊緻系列,紅魚子緊緻極粹精華 Lifting Essence Concentrate

    Balas
  • 06/11/2018 pada 12:50 PM
    Permalink

    Chris Smalling believes two hard-fought away victories is the perfect way for Manchester United to prepare for the return of the Champions League. They have beaten Burnley and Watford on the road. ‘We are building momentum at the right time’: Chris Smalling says Manchester United’s back-to-back away wins are the perfect tonic for Champions League return

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!