Bupati dan Wabup Badung Ucapkan Selamat HUT ke-7 Mangupura

posbali.id

BUPATI Badung Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, Selasa (15/11) mengucapkan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-7 Mangupura, Ibu kota Kabupaten Badung 16 Nopember 2016.

Peringatan HUT yang mengambil topik “Kita Wujudkan Ajaran Tri Sakti Menuju Kabupaten Badung yang Mandiri” ini, kata Bupati, akan menjadi ajang untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Badung. “Hari lahir ini jelas kami jadikan sebagai ajang untuk lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Badung,” tegasnya.

Selain ajang meningkatkan pelayanan, Wabup Badung Ketut Suiasa menambahkan, peringatan ulang tahun juga bisa digunakan untuk ajang introspeksi. ‘’Melalui peringatan HUT, kita harus merenung untuk mengevaluasi program atau kegiatan telah dilakukan. Jika memang bermanfaat untuk masyarakat, jelas program atau kegiatan tersebut harus dilanjutkan. Sebaliknya jika memang tak bermanfaat, program atau kegiatan harus dievaluasi dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Bupati Badung telah menetapkan lima slaka prioritas program dalam masa kepemimpinannya. Kelima skala prioritas pembangunan adalah ketersediaan sandang, pangan dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni, adat, agama dan budaya serta pariwisata.

Program-program yang dirancang mulai lahir, menjalani kehidupan, hingga pada akhirnya meninggalkan dunia. “Saat lahir persalinan gratis dan langsung diberikan akte kelahiran. Pada menjalani kehidupannya, sejak 2017 kita rancang pendidikan gratis secara penuh. Untuk warga kurang mampu kita berikan bantuan kualitas rumah sehat yang nilainya nanti mencapai Rp50 juta/rumah tangga kurang mampu. Pada kematian, kita memberikan santunan Rp10 juta yang sudah kita laksanakan sejak Oktober lalu,” paparnya.

Pembangunan di Badung juga berlandaskan, agama, adat dan budaya. Untuk pembangunan pura khayangan tiga hingga paibon asalkan sudah terdaftar di Dinas Kebudayaan, Bupati asal Desa Pelaga, Petang ini memastikan akan mendapat bantuan pemerintah. Termasuk akan memberikan kesejahteraan kepada para pemangku khayangan tiga.

Khusus perayaaan HUT ke-7 Mangupura diisi dengan berbagai kegiatan. Selain hiburan rakyat dengan mendatangkan artis nasional, yakni Dewi Persik dan Cita Citata, acara lainnya berupa lomba nyastra, pesta rakyat difokuskan di tiap kecamatan, Festival Seni Budaya, lomba bonsai, Giri Prasta Cup I dengan lomba kicau burung nasional, serta kegiatan berupa edukasi lainnya, seperti Badung membaca.

Sedangkan Puncak HUT ke-7 Kota Mangupura akan dilaksanakan pada 16 November hari ini dengan acara syukuran. nas/adv

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!