Bulutangkis, Indonesia Taklukkan India

posbali.id

GANDA putra andalan Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, tanpa kesulitan  melakoni laga pertama di Olimpiade Rio 2016 dengan menaklukkan   wakil India  Manu Attri/B. Sumeeth Reddy di grup D, Hendra/Ahsan dua set langsung 21-18 dan 21-13.

Meski sempat telat panas, Hendra/Ahsan tetap lebih dominan dari Attri/Reddy. Beberapa kali reli-reli panjang pun dimenangkan oleh ganda Merah Putih, pun smash-smash menipu kerah menyumbang angka untuk Hendra/Ahsan.

Selepas interval pertama, Hendra/Ahsan kian impresif sebelum mengunci kemenangan dengan 21-18. Dalam set ini praktis tidak ada perlawanan berarti dari Attri/Reddy.

Tak ubahnya di set pertama, Hendra/Ahsan jauh lebih dominan dari Attri/Reddy di set kedua. Ahsan tetap menjadi tumpuan untuk menyumbang angka melalui gerak-gerak tipu yang mematikan. Pasangan Merah Putih bahkan sempat unggul dengan 16-9.Meskipun sempat menerima perlawanan sengit dari Attri/Reddy, Hendra/Ahsan tetap bisa memenangi set kedua dengan 21-13.

Cabang  Badminton/Bulu tangkis  dipertandingkan dari 11 sampai 20 Agustus 2016. Total 5 medali emas akan diperebutkan pada cabang ini. Sistem pertandingan Bulu tangkis di Olimpiade 2016  menggunakan sistem grup di babak awal. Setelah fase grup selesai, pemain yang lolos dari fase grup akan melalui babak knock out sampai final.

Pada Olimpiade 2016 ini, Indonesia turun pada lima kategori yang dipertandingkan dalam cabang bulutangkis. Rinciannya, Tommy Sugiarto (tunggal putra), Linda Wenifanetri (tunggal putri), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (ganda putri), dan dua ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir serta Praveen Jordan/Debby Susanto.

Erick Thohir selaku Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) saat meninjau kontingen Indonesia, Kamis (11/8)  berharap prestasi para atlet Indonesia yang berjuang di Olimpiade  harus diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia untuk memperkuat rasa bangga sebagai  bangsa Indonesia.

 

“Bagi para atlet lainnya, konsistensi yang ditunjukan lifter  Eko  yang berturut –turut  sejak Olimpiade 2012 dan tahun ini menyumbang medali perak agar menjadi contoh dan bukti nyata bahwa Indonesia bisa!” ujar Erick Thohir, seperti dikutip dari keterangan persnya.

Jelang pertandingan dari cabang lainnya, Indonesia masih optimis terhadap peningkatan prestasi yang akan diraih. Salah satunya adalah bulutangkis yang memiliki peluang untuk mengembalikan tradisi emas.

Eric Thohir pun kembali mengharapkan cetak biru (blueprint) olah raga yang akan menetapkan bulu tangkis dan angkat besi menjadi olahraga unggulan Indonesia dan saat ini merupakan momen yang tepat untuk melakukannya. pus/dbs

 

Jadwal  Indonesia di Cabang Bulu Tangkis

Kamis, 11 Agustus 2016
19.00 WIB: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) vs Manu Attri/Reddy B. Sumeeth (India)
20.10 WIB: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (Indonesia) vs Poon Lok Yan/Tse Ying Suet (Hongkong)
20.45 WIB: Praveen Jordan/Debby Susanto (Indonesia) vs Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah (Hongkong)

Jumat, 12 Agustus 2016
01.30 WIB: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia) vs Robin Middleton/Leanne Choo (Australia)
19.35 WIB: Praveen Jordan/Debby Susanto (Indonesia) vs Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman)
20.10 WIB: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) vs Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang)
21.55 WIB: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia) vs Bodin Isara/Savitree Amitrapai (Thailand)

Sabtu, 13 Agustus 2016
01.30 WIB: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (Indonesia) vs Heather Olver/Lauren Smith (Inggris Raya)
19.00 WIB: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia) vs Chai Biao/Hong Wei (Tiongkok)
19.35 WIB: Greysia Polii /Nitya Krishinda Maheswari (Indonesia) vs Vivian Kah Mun Hoo/ Khe Wei Woon (Malaysia)
20.10 WIB: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Indonesia) vs Chan Peng Soon/Goh Liu Yin (Malaysia)

Minggu, 14 Agustus 2016
00.40 WIB: Praveen Jordan/Debby Susanto (Indonesia) vs Zhang Nan/Zhao Yunlei (Tiongkok)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!