BPPI dan UNDP Siap Wujudkan Industri Hijau

posbali.id
Pembukaan Seminar Internasional Electronic Industrial Waste Management and Waste as Industrial Resources yang digagas BPPI Kemenperin RI bersama United Nations Development Programme (UNDP), Senin (8/1).

DENPASAR, POS BALI –  Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (BPPI Kemenperin RI) tengah berupaya menyusun rekomendasi kebijakan pengelolaan limbah industri. Bersama United Nations Development Programme (UNDP), BPPI sepakat mewujudkan prinsip industri hijau serta peningkatan daya saing dan membangun manufaktur nasional berkelanjutan.

Hal tersebut dinyatakan Kepala BPPI Kemenperin RI, Ngakan Timur Antara dalam seminar internasional bertajuk Electronic Industrial Waste Management and Waste as Industrial Resources di Denpasar, Senin (8/1) siang. “Seminar ini kami harapkan bisa menjadi ajang sharing dan pengumpulan ide pembelajaran dari pakar dan pemangku kepentingan lainnya. Informasi yang terhimpun nantinya akan kita gunakan menyusun dan menetapkan prosedur dan standar pengelolaan limbah,” ucapnya kepada awak media.

Adanya prosedur yang tetap nantinya diharapkan dapat meminimalisir penggunaan bahan pencemar organik yang persisten atau POPs (Persistent Organic Pollutants) dalam produksi industri. Salah satu sumber polutan yang dinyatakan masih digunakan di Indonesia adalah Polybrominated Diphenyl Ethers (PBDEs). Bahan tersebut biasa digunakan sebagai penghambat nyala api pada proses produksi.

Untuk itu, ia mengimbau sejumlah industri manufaktur seperti industri plastik, tekstil, alat angkut, dan elektronika supaya menerapkan pengolahan limbah sesuai standar yang ada. Jika hal ini diterapkan tentunya akan membawa manfaat yang besar terhadap keberlangsungan sumber daya alam di Indonesia, kelestarian fungsi lingkungan hidup, dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Saat ini industri tekstil, alat transportasi, elektronika dan telematika merupakan industri andalan nasional yang mendukung pertumbuhan industri non migas. Namun di sisi lain, industri elektronika misalnya adalah penyumbang penggunaan plastik yang cukup besar,” terang Ngakan.

Lebih lanjut, hingga saat ini pihaknya telah merevitalisasi laboratorium untuk menguji tingkat bahaya dari limbah tersebut. Sementara fokus penelitian akan difokuskan pada kawasan padat industri seperti Jawa Timur dan Jawa Barat.

Di sisi lain, Assistant Country Director UNDP, Budhi Sayoko menyebutkan jika kandungan kimia yang terkandung dalam PBDEs terpapar langsung ke manusia akan memicu terjadinya kanker. PBDEs diakui terdapat dalam berbagai peralatan sehari-hari seperti dalam plastik, casing pembungkus benda elektronik, ponsel, sampai di laptop.

“Untuk itu diperlukan pengolahan limbah dan standar yang baik, sebab masalah lingkungan bukan hanya masalah sebagian orang saja. Saat ini sampah menghasilkan gas metana dan COyang berpengaruh pada iklim. Dengan pengelolaan yang baik, semestinya sampah bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya pengolahan sampah pertanian menjadi energi,” paparnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Provinsi Bali, I Putu Astawa yang hadir dalam kesempatan tersebut pun menyambut baik seminar terkait lingkungan hidup itu. Menurutnya trending pembangunan ke depan memang harus relevan dengan isu lingkungan. Melalui seminar ini ia berharap terjadi dialog dari para pakar untuk menghasilkan kebijakan untuk pembangunan ke depan.

“Program kita (di Bali) sangat relevan dengan hal itu. Kita mencoba  menggali kearifan lokal yang sebenarnya mencintai dan memuliakan alam, misalnya perayaan Tumpek Bubuh, Tumpek Kandang, Nyepi, dan kegiatan budaya lainnya,” ucapnya. eri

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

4 tanggapan untuk “BPPI dan UNDP Siap Wujudkan Industri Hijau

  • 23/10/2018 pada 1:49 AM
    Permalink

    高能聚焦量超聲波( HIFU )以物理性聚焦集中成一點, 快速穿透皮膚真皮及脂肪層面直達面部表淺肌肉腱膜系統( SMAS )層令其組織細胞分子高速磨擦 , 瞬間升溫至60 -70 度,令整個表淺肌肉腱膜系統( SMAS )受熱收縮,形成熱固化區域, 令結綈組織同時拉緊,達到拉皮防皺及美容效果。SMAZ聚焦超聲波提供了最有效的HIFU能量收緊皮膚及刺激胶原蛋白新生,提升彈性,恢復更緊緻的皮膚和更年輕的美貌。

    Balas
  • 28/10/2018 pada 4:56 AM
    Permalink

    迎端午節!金葉庭DIY足料裹蒸粽製作班 – STYLE-TIPS.COM 每逢端午節,一家人都會聚首吃粽看龍舟,感覺格外美味。米芝蓮一星中菜食府金葉庭的兩…

    Balas
  • 28/10/2018 pada 7:32 PM
    Permalink

    As I web site possessor I believe the content material here is rattling fantastic , appreciate it for your efforts. You should keep it up forever! Best of luck.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!