BI Serahkan Bunga Deposito ke Mekanisme Pasar

posbali.id

DEPUTI Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara menyarankan pergerakan suku bunga deposito Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) III dan IV, sepenuhnya diserahkan ke mekanisme pasar.

“Intinya menurut kami suku bunga pasar deposito serahkan saja ke pasar. Nanti saat instrumen moneter turun, suku bunga obligasi juga akan turun, dan akhirnya kan suku bunga perbankan bisa menyesuaikan,” kata Mirza di Kantor Pusat BI di Jakarta, Senin (22/8).

Selama ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membatasi suku bunga deposito Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) III maksimal 100 basis point (Bps) di atas Bank Indonesia Rate (BI Rate), sedangkan BUKU IV sebesar 75 Bps di atas BI Rate.

Setelah BI mengubah instrumen bunga acuan dari BI Rate menjadi tingkat bunga transaksi surat utang berketapan dengan jangka waktu tujuh hari (7-Day Reverse Repo Rate), hingga saat ini OJK masih mengacu batas atas bunga deposito ke suku bunga operasi moneter 12 bulan, atau yang dikenal dengan BI Rate.

Menurut Mirza, setelah pemberlakuan 7-Day Reverse Repo Rate, transmisi kebijakan moneter akan lebih cepat dan efektif mempengaruhi suku bunga perbankan. Di sisi lain, kata dia, indikator makro ekonomi yang sangat mempengaruhi pergerakan suku bunga, yakni inflasi, juga sudah terkendali. Hal itu memperbesar ruang perbankan untuk menurunkan suku bunga deposito dan kredit bank.

Bank Sentral, ujar Mirza, masih menunggu sikap terakhir dari OJK mengenai ketentuan batas atas bunga deposito BUKU III dan IV tersebut. “Terkait suku bunga pembatasan OJK, saya ikut pernyataan Ketua OJK yang masih memperhatikan (kondisi pasar), apakah diperlukan atau sudah tidak. Menurut kami serahkan saja ke pasar,” ujarnya.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad memilih untuk memantau perkembangan tingkat bunga kredit dan simpanan terlebih dahulu hingga dua bulan ke depan, untuk menentukan apakah ada perubahan ketentuan batas atas bunga deposito atau tidak. “Saat ini masih mengacu ke tenor 12 bulan,” paparnya. ant

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *