Bappeda Badung Gelar Forum Konsultasi Publik

posbali.id
Forum Konsultasi Publik, rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Badung tahun 2020, Rabu (30/1) di ruang Kriya Gosana, Puspem Badung.

MANGUPURA, @posbali.id – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Badung menggelar Forum Konsultasi Publik, rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Badung tahun 2020. Kegiatan yang digelar , Rabu (30/1) di ruang Kriya Gosana, Puspem Badung dibuka Kepala Bappeda Badung I Made Wira Dharmajaya.

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Made Wira Dharmajaya mengatakan, digelarnya acara tersebut untuk menjaring aspirasi terhadap rumusan tema RKPD tahun 2020. Menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasan pembangunan, serta menghasilkan pedoman bagi seluruh Perangkat Daerah dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah tahun 2020.

Dijelaskan, tema RKPD Badung tahun 2020 yaitu “Peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kualitas sumber daya manusia melalui inovasi pelayanan dasar dan infrastruktur berwawasan lingkungan”.

Prioritas pembangunan daerah mencakup 9 (sembilan) bidang diantaranya; pendidikan, penelitian dan pengembangan, ilmu pengetahuan dan teknologi; kesehatan; pembangunan ekonomi; tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik; sarana prasarana wilayah, perumahan dan pemukiman; perlindungan sosial dan pengarusutamaan gender; penataan ruang dan lingkungan hidup; pariwisata, pertanian dan kebudayaan; ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Arah kebijakan pembangunan daerah Badung tahun 2020 mencakup lima bidang prioritas yaitu bidang sandang, pangan dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, adat, agama dan budaya serta pariwisata.

Ditambahkan, setelah forum ini akan dilanjutkan dengan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di masing-masing kecamatan yang dimulai tanggal 6-15 Pebruari mendatang. Musrenbang Kecamatan untuk menyerap usulan masyarakat yang telah melalui Musrenbang Desa/Kelurahan yang dapat diangkat menjadi program prioritas di tingkat kabupaten. Sementara Forum Perangkat Daerah direncanakan akan digelar pada 26 Pebruari nanti yang merupakan forum yang lebih luas dari forum konsultasi publik ini. ***

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!