Banten Juara Umum MTQN 2016

posbali.id

Membanggakan, NTB Tembus Empat Besar Nasional

 

Fahrul Mustofa

KAFILAH Provinsi Banten berhasil keluar sebagai juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 di Kota Mataram, NTB kali ini. Meski demikian, lonjakan prestasi signifikan ditunjukkan kafilah tuan rumah NTB. Yakni, mampu menembus peringkat lima besar. Padahal, dalam MTQN sebelumnya, NTB hanya masuk pada peringkat papan tengah nasional.

Ketua Dewan Hakim MTQ Said Agil al-Munawar mengatakan, Dewan hakim setelah menimbang, mengingat, memperhatikan, dan memutuskan. “Keputusan dewan hakim MTQ ke-26 tentang penetapan juara umum dan peringkat 10 besar adalah pertama, Provinsi Banten (juara umum) disusul DK Jakarta, Kepulauan Riau, NTB pada peringkat keempat. Serta, Jawa Tengah pada peringkat kelima,” ungkapnya saat membacakan SK Dewan Hakim dalam penutupan MTQ di Islamic Centre NTB, Mataram, Sabtu (6/8) malam kemarin.

Menurutnya, setelah Banten, Kafi lah Ibu Kota DKI Jakarta menempati peringkat dua, dan Kepulauan Riau berada pada posisi ketiga. Tuan rumah NTB harus puas berada pada posisi empat, atau sesuai target yang masuk lima besar.

Banten sendiri berhasil memecahkan mitos, di mana pada MTQ sebelumnya selalu berada pada posisi kedua. “Alhamdulillah pada hari ini perkenankan saya menyampaikan kabar menggembirakan kepada seluruh masyarakat Banten. Setelah penantian panjang bertahun-tahun mengerahkan seluruh kemampuan yang kita miliki sebelumnya, Alhamdulillah, tahun ini Banten berhasil merebut Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Nasional yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat,” tegas Gubernur Banten, Rano Karno menjawab wartawan, kemarin.

Terpisah, Gubernur NTB Dr. TGH. Muhamad Zainul Majdi MA dalam sambutannya, mengaku puas atas perjuangan para kafilahnya yang mampu menembus peringkat lima besar Nasional. Mengingat, pada perhelatan MTQ sebelumnya, NTB hanya berada pada peringkat 16 besar Nasional.

“Alhamdulillah, peringkat empat itu sudah luar biasa dan membanggakan kita semua warga NTB. Itu adalah bentuk ikromnnya (penghormatan dan pelayanan) NTB kepada provinsi Banten yang mampu meraih juara umum,” ungkap Gubernur yang disambut tepuk tangan masyarakat juga para undangan dalam penutupan MTQ tersebut.

TGB memastikan, dalam MTQ ke-27 di provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 2018, dipastikan prestasi para kafi lah NTB harus bisa meningkat lebih baik baik lagi. “Kalau sekarang kita peringkat ke empat, Insya Allah dua tahun lagi, NTB akan menggantikan provinsi Banten selaku juara umum MTQ kedepannya,” tegas Gubernur.

Seperti diketahui, MTQ Nasional ke-26 diikuti tak kurang 1.200 peserta. MTQ Nasional ke-26 sendiri terbagi dalam tujuh cabang dan 18 golongan lomba. Ketujuh cabang tersebut adalah Tilawah Al Quran, Hifzh Al Quran, Tafsir Al Quran, Fahm Al Quran, Syarh Al Quran, Khath Al Quran dan Menulis Makalah Ilmiah Al Quran (M2IQ). Adapun 18 golongan lomba terdiri dari enam golongan cabang tilawah Al Quran (dewasa, remaja, anak-anak, tartil, cacat netra serta qiraah sab’ah), lima golongan cabang hifzh Al Quran (1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz), tiga golongan cabang tafsir Al Quran (bahasa Indonesia, Arab dan Inggris) serta empat golongan cabang Khath Al Quran (naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer). ***

 

Berikut hasil juara umum dan peringkat 10 besar MTQ Nasional XXVI di NTB:

  1. Provinsi Banten
  2. DKI Jakarta
  3. Kepulauan Riau
  4. NTB
  5. Jateng
  6. Riau
  7. Sumbar
  8. Aceh
  9. Papua Barat
  10. Jabar
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!