Bangunan Koperasi Terbakar, Kerugian Rp 20 Juta

posbali.id

JEMBRANA, POS BALI ONLINE – Diduga lantaran korsleting listrik, ruangan Koperasi Wanita Tirta Mumbul (WTM) yang berlokasi di Banjar Yeh Satang, Desa Yeh Sumbul, Mendoyo, Jembrana ludes terbakar, Minggu (7/8). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp20 juta.

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa kebakaran terhadap ruangan dengan ukuran 6×3 meter tersebut terjadi sekitar pukul pukul 07.00 Wita. Kebakaran bangunan koperasi yang berdiri di belakang Kantor Desa Yeh Sumbul ini berawal dari saksi mata Made Warma, tukang bersih-bersih di Kantor Desa melihat ada asap yang keluar dari ruangan koperasi itu melalui ventilasi pintu koperasi. Melihat hal demikian, selanjutnya Warma melaporkannya ke kepada kelian Dinas banjar setempat, I Wayan Mandiyasa, yang saat itu kebetulan melaksanakan gotong royong di depan Kantor Desa Yeh Sumbul.

Mendapatkan laporan demikian, lalu para saksi bersama-sama dengan warga yang lain melakukan penanganan berupaya memadamkan bara api. Akhirnya dapat dipadamkan sekitar pukul 08.00 Wita atas bantuan masyarakat setempat.

Made Warma menambahkan, ketika dirinya bersama warga lainya masuk ke dalam ruangan koperasi, di dalam ruangan itu sama sekali tidak ditemukan adanya api yang berkobar, hanya ada bara api pada barang-barang yang terbakar. “Barang-barang yang terbakar yang ada di dalam ruangan koperasi antara lain arsip perjanjian utang, akte perjanjian hukum pendirian koperasi, struktur koperasi, tiga unit kipas angin, lemari kaca yang berisi barang-barang dagangan, kompor gas berikut tabung gas isian 3 kilogram, gelas kaca, pintu, dan jendela kaca,” katanya.

Sementara Kasatreskrim Polres Jembrana AKP I Gusti Made Sudarma Putra seizin Kapolres Jembrana, saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Dari hasil pengecekan di TKP bahwa pada sisi barat dalam ruangan koperasi terdapat unit kompor gas dan satu unit tabung isian 3 kg dalam keadaan gosong (sudah terbakar).

“Berdasarkan keterangan sejumlah saksi sekitar pukul 04.00 Wita telah mendengar ada suara benda pecah dari dalam ruangan koperasi. Diperkirakan penyebab dari kebakaran tersebut yakni adanya kebocoran gas dari kompor gas, mengingat lampu listrik masih menyala,” terangnya. 024

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *