Bangli Kekurangan 450 Guru PAUD, SD, SMP, Disdikpora Segera Lakukan Pengangkatan

posbali.id

 

Kadisdipora Bangli I Nyoman Suteja

BANGLI, POS BALI – Sejauh ini kekurangan guru di Kabupaten Bangli sebanyak 450 orang belum bisa diatasi. Meski pada tahun 2015 lalu telah mengangkat Guru Tidak Tetap (GTT), namun sejumlah sekolah masih kekurangan guru. Oleh karena itu, pihak Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Bangli merencanakan kembali mengangkat GTT.

Kadisdikpora Bangli I Nyoman Suteja, Kamis (11/1), menyampaikan tahun 2015 lalu telah mengangkat 350 guru. Jumlah ini belum bisa menutupi kekurangan guru mengingat setiap tahun ada saja guru yang memasuki masa pensiun maupun pindah tugas. Sampai awal tahun 2018 dari jumlah kekurangan 450 guru terdiri dari SD 156, Penjas 29, SMP 69, dan PAUD 196 orang.

Ia mengatakan, sejauh ini pengangkatan guru PNS belum terbuka. Untuk mengatasi kekurangan guru di Kabupaten Bangli pihaknya merekrut GTT. “Sesuai renstra yang kita susun, setiap tahun kita rencanakan angkat 150 GTT,” katanya. Pihaknya berharap apa yang direncanakan ini mendapatkan dukungan dari kalangan legislatif.

Sementara disinggung soal perpindahan guru, Suteja hanya bisa berharap agar tidak sampai menimbulkan kegaduhan. Pasalnya banyak guru yang ingin pindah membawa memo dari pejabat. Yang sering membuat dirinya pusing adalah oknum guru ingin pindah ke sekolah yang telah kelebihan guru. Imbasnya, mereka pun kehilangan jam sehingga tunjangan sertifikasinya terancam. Karenanya sebelum minta pindah, diharapkan guru yang demikian mengkaji dulu dampaknya.

“Sebelum diterima menjadi PNS mereka kan ucapkan sumpah akan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia. Jangan dong baru ditempat sesuai keperluan sebentar sudah buru-buru mau pindah,” kata Suteja. 028

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!