Bandara Ngurah Rai kembali menjadi bandara terbaik ke-3 dunia

posbali.id

 

MANGUPURA, POS BALI – Bandara Gusti Ngurah Rai kembali terpilih sebagai bandara terbaik ketiga di dunia oleh Airport Council Internasional (ACI), dengan kategori bandara dengan jumlah penumpang 15-25 juta per tahun. Dimana bandara I Gusti Ngurah Rai berhasil mengantongi nilai Airport Service Quality (ASQ) yaitu 4.93 dari skala 5. Penilaiann kualitas layanan di Bandara I Gusti Ngurah Rai tersebut dinilai selama setahun. “Ada 33 indikator penilaian, mulai dari fasilitas bandara, aksesibilitas baik di dalam maupun di luar bandara, keamanan bandara, proses kedatangan, proses heck in, fasilitas berbelanja dan yang lainnya,”terang General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai, Rabu (8/11) kemarin berbarengan dengan lepas pisah CO GM PT Angkasa Pura I Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai.

 

Dipaparkannya proses pengukuran ASQ dilakukan dengan melakukan survei langsung kepada para penumpang. Sehingga setiap hasil penilaiannya merupakan perspektif dan sekaligus harapan penumpang, akan layanan yang ideal dari suatu bandara. Hal tersebut sangat diperlukan, apalagi paradigma layanan di bandara saat ini mengalami perubahan yang sangat pesat. “Dulu kalau mendengar bandara orang hanya berpikir tentang tempat terbang dan mendaratnya pesawat saja, tetapi beberapa tahun terakhir sudah bertransformasi pada public service. Pengelola bandara harus berorientasi pada kualitas layanan. Dan itu yang akan terus kami lakukan,”tegasnya.

 

Diakuinya dengan pertumbuhan penumpang yang terus meningkat hampir 10 persen pada akhir Oktober, mendoreng Angkasa Pura sehagai pengelola bandara l Gusti Ngurah Rai terus mengebangkan fasilitas dan layanannya. Sampai bulan Oktober lalu pertumbuhan penumpang sudah mencapai 18,10 juta, yang didominasi oleh penuunpang internasional. Hal tersebut artinya profiling dan kebutuhan penumpang makin beragam. Untuk itu secara bertahap pihaknya ingin menhadirkan konsep airport city di Bandara Gusti Ngurati Rai ini, dimana semua kebutuhan penumpang dapat dipenuhi di dalam bandara. “Untuk mengembangkan bandara tentu kami tidak bisa bekerja sendiri, kami membutuhkan dukungan seluruh pihak. Baik dukungan dari pemerintah pusat, pemurintah daerah, masyarakat dan semua instansi yang menberikan kontribusi langsung terhadap layanan di bandara sehingga kedepannya kualitas layanan kami bisa lehih baik lagi,”harapnya. GAY

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!