Aspol Launching Aplikasi Online Peringatan Dini Erupsi Gunung Agung

posbali.id

KARANGASEM, POS BALI ONLINE – Dalam upaya untuk meminimalisir kemungkinan jatuhnya korban apabila terjadi erupsi Gunung Agung, Asisten Operasi (Aspol) Polri mengeluarkan

aplikasi online peringatan dini (Earley Warning Sistem) erupsi Gunung Agung. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis tersebut dilaunching oleh Aspol Irjen Mochamad Iriawan di Gedung UKM Center Amlapura, Jumat (20/10) kemarin. Pihaknya berharap aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat pengguna smart phone android yang nanti akan mendapatkan peberitahuan apabila terjadi erupsi.

Aspol Mochamad Iriawan dalam keterangan pers yang didampingi Kapolda Bali, Kepala PVMBG, dan Bupati Karangasem Gusti Ayu Mas Sumatri menjelaskan bahwa Polri sangat mengantensi bencana Gunung Agung karena mendapat intruksi langsung dari Presiden. Menurutnya, Presiden memerintahkan agar segala perkembangan gunung agung terus dipantau karena merupakan perhatian dunia. “Gunung Agung ini menjadi perhatian karena merupakan barometer pariwisata Indonesia, baru mau meletus sektor pariwisata sudah turun 40%,” terangnya.

Iriawan meminta agar semua pihak terus berdoa agar Gunung Agung tidak sampai meletus. Sebab akan sagat berat akibatnya kalau Gunung tertinggi di Bali itu kembali memuntahkan laharnya. Selain lumpuhnya Ekonomi Karangasem sebagai sebuah kota, Bali juga akan mati suri kalau meletus karena selama ini Bali mengandalkan pariwisata sementara akan ditinggalakan wisatawan karena gunung meletus.

Sayangnya, dalam acara launching kemarin kurang berjalan mulus karena gangguang internet. HP peserta acara yang telah terpasang aplikasi tidak mau berdering mengeluarkan bunyi alarm karena koneksi internet yang lemah. Aplikasi yang bernama Help Bencana Alam tersebut sangat tergantung dari kecepatan internet masing-masing HP. Bahkan untuk saat ini aplikasi hanya bisa dijalankan pada HP Android saja. Sementara HP blackbarry atau Apple tidak support. 017

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

26 tanggapan untuk “Aspol Launching Aplikasi Online Peringatan Dini Erupsi Gunung Agung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!