ASDP Lembar Usulkan Penambahan Dermaga di Padangbai

posbali.id

LOBAR, POS BALI ONLINE – Sejauh ini Pelabuhan Lembar di Lobar telah memiliki tiga unit dermaga. Dua unit dermaga dengan movable bright, dan satu unit dermaga pelengsengan. Namun sayangnya, di Pelabuhan Padangbai Bali yang kewenangannya masih dipegang oleh PT ASDP Indonesian Ferry Pelabuhan Lembar, baru memiliki dua unit dermaga, itu pun harus melayani rute Lombok dan Nusa Penida.

Terkait itu, General Manajer PT. ASDP Indonesian Ferry Pelabuhan Lembar, Anton Murdianto, Jumat (19/8) kemarin mengakui bahwa pihaknya tengah mengusulkan adanya penambahan dermaga di Pelabuhan Padangbai Bali. “Kami sudah usulkan adanya penambahan dermaga di Padangbai, karena di sana hanya ada dua dermaga,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan jumlah dermaga yang hanya ada dua unit, sementara jumlah armada kapal sebanyak 33 unit yang beroperasional dikatakannya kurang pas untuk kelancaran kegiatan bongkar muat. Namun untuk pengembangannya masih terkendala pada keterbatasan lahan yang ada di Pelabuhan Padangbai baik di darat maupun di laut.

Namun demikian, Anton mengakui bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan pengkajian terkait rencana pengembangan lahan pelabuhan Padangbai guna mengantisipasi pertumbuhan angkutan. “Kita sedang upayakan, kami juga berharap rencana itu terwujud,” tambahnya.

Selain penambahan dermaga, pihak ASDP juga mengakui bahwa lahan di pelabuhan Padangbai terlalu sempit yakni hanya 1,9 hektare. Artinya, itu akan sangat sulit untuk menampung kelancaran sirkulasi ratusan ribu unit kendaraan campuran per tahun. “Hal ini tentu beresiko terhadap kemacetan di jalan raya di sana,” ungkapnya kemudian.

Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono yang saat itu melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Lembar Lobar mendukung apa yang dilakukan pihak ASDP Pelabuhan Lembar. Menurut dia, ASDP merupakan poros laut dan juga poros kemaritiman. “Jika berbicara soal tol laut, maka itulah ASDP. ASDP ini ada dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pemerintah harus memberikan dukungan penuh terhadap ASDP agar terus sehat. “Tujuannya sudah jelas, untuk bisa menjamin keberlangsungan transportasi logistic darat maupun laut. Terlebih saat ini pariwisata Lombok semakin menggeliat,” singkatnya. 033

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!