Angkat Tema tentang Peradaban Air

posbali.id

Pameran Komunitas Perupa Tampaksiring

 

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Sejumlah perupa yang tergabung dalam Amarawati Art Community (Komunitas Perupa Tampaksiring) menggelar pameran bersama bertajuk Peradaban Air: Pakerisan-Petanu.  Pameran ini berlangsung di Bentara Budaya Bali (BBB), Jl. Prof. Ida Bagus Mantra No.88A, Ketewel, mulai Jumat (19/8) hari ini.

Sebagai fokus utama pameran ini, para seniman berupaya menginterpretasi peran sentral air dalam peradaban Bali, khususnya di Tampaksiring. Menurut kurator pameran ini, Made Susanta Dwitanaya, menarik mencermati bagaimana 31 perupa dengan kecenderungan stilistik dan karakter visual tersendiri ini menfasirkan tematik melalui medium seni visualnya masing-masing.

“Pameran ini menghadirkan kekayaan sudut pandang dari masing-masing senimannya dalam merespon tema tentang peradaban air. Ada yang mengetengahkan aspek spiritual, mitologis, historis, ekologis, maupun social,” jelas Susanta, Kamis (18/8).

Pameran yang akan berlangsung hingga 29 Agustus mendatang ini menghadirkan 30 lukisan, 6 karya fotografi dan 2 seni patung. Perupa yang terlibat di antaranya I Made Suwisma,  I Wayan Arya Aripta Guna, I Putu Edy Asmara Putra, I Nyoman Suarnata, IB Ketut Djiwartem, Pande Wayan Suputra, I Made Kartiyoga, I Wayan Arinata, I Made Renaba, Ngakan Ketut Parweka, IB Sudana Astika, IB Asmara Wirata, Ida Bagus Dewangkara, Dewa Gede Saputra, Ngakan Agus Artha Wijaya, Jro Mangku Jiwatman, dan Ni Komang Atmi Kristiadewi.

Serangkaian pameran ini akan digelar pula diskusi dan workshop seni rupa pada Minggu (28/8). Para perupa akan berbagi pandangannya tentang proses kreatif mereka selama ini terutama dalam merespon tematik seputar peradaban air di tanah kelahiran mereka, Tampaksiring. Sementara workshop akan mengetengahkan praktik plasticology bersama Made “Bayak” Muliana dan melukis kober di bawah arahan Ida Bagus Dewangkara. 012

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!