Amankan “Kandang” SGB, Relawan Sebar Baliho

posbali.id

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Relawan salah satu bakal calon Pilgub Bali, Sudikerta Gubernur Bali (SGB) mulai memasang ancang-ancang untuk mengamankan “kandang” atau wilayah pemenangan masing-masing. Salah satunya dengan memasang sejumlah atribut dan baliho SGB disejumlah titik strategis di wilayah Badung yang menjadi basis pemenangan sekaligus kandang Sudikerta yang berasal dari Pecatu, Kuta Selatan, Badung yang bergerak serentak mulai, Minggu (7/8).

Tidak tanggung-tanggung terhitung ratusan baliho SGB yang bertuliskan “Bali Mandara Jilid III” dengan foto khas Sudikerta berisi stampel “Lanjutkan” itu membuktikan keseriusan Relawan SGB untuk mengusung Ketut Sudikerta menuju kursi Gubernur Bali. Perang baliho antar cagub nampaknya mulai tak bisa terhindarkan menyusul hasil survey 14 tokoh Bali oleh LSI (Lembaga Survey Indonesia) menunjukan posisi teratas bertengger nama Ketut Sudikerta dan Wayan Koster tetap bertahan diposisi puncak.

Menanggapi pergerakan Relawan SGB tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Badung, I Wayan Muntra, SH belum bisa berbicara banyak. Menurutnya pemasangan baliho SGB bertuliskan Bali Mandara Jilid III murni merupakan inisiatif kader ataupun relawan saja. Mereka spontanitas memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait menguatnya dukungan Sudikerta maju menjadi calon Gubernur Bali mendatang. “Masalah pemasangan baliho itu adalah spontanitas kader saja dari sahabat atau teman Sudikerta,” jawabnya singkat saat dihubungi POS BALI, Jumat (12/8) kemarin.

Sementara itu, salah satu Relawan SGB di Badung, Nyoman Sudarma mengaku saatnya menyatukan seluruh relawan SGB akan bergerak disemua daerah. Mengingat selama ini dukungan SGB terus mengalir, bahkan bisa dikatakan sudah jauh mengungguli dari kandidat lainnya. “Dukungan SGB terus menguat. Buktinya banyak relawan yang bergabung. Kita tunjukan dukungan kita dengan spontan memasang baliho SGB,” tegasnya.

Terkait perang baliho ini, ternyata sudah ada baliho Sudikerta dan A.A. Ngurah Purpayoga yang dirobek oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Meskipun kedua baliho itu tidak berbau kampanye Pilkada, namun sudah ada pihak yang terprovokasi dengan nada baliho yang dipasang di sekitar Bundaran Renon Denpasar atau tepatnya di depan Kantor BPS Provinsi Bali. Dari pantauan memang kelihatan kedua baliho itu sengaja dirobek untuk tujuan tertentu.

Terkait hal itu, Anggota Bawaslu Bali I Ketut Sunadra, M.Si selaku Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Pemilu menanggapi soal robeknya kedua baliho tersebut merupakan ranahnya wilayah administrasi. Jadinya Perda setempat yang mengatur terkait pemasangan baliho atau iklan. “Jika ada tindakan pidana ya urusan yang masang bisa lapor ke Polisi bukan ke Bawaslu. Bawaslu mengawasi penyelenggaraan tahapan pemilu. Pilgub Bali masih jauh 2018, tahapannya akhir 2017,” jelasnya.

Meskipun ditanggapi normatif, namun bisa dipastikan perhelatan Pilgub Bali sudah memanas. Oleh karena itu, pihak terkait seharusnya bisa meredam gejolak negatif yang muncul dan berakibat buruk bagi masyarakat. Seperti pemasangan baliho harus ditertibkan. Jika melanggar harus segera dicopot agar memberi kepastian hukum bagi masyarakat. “Kita inginkan pemilu yang damai. Termasuk Pilgub nanti jangan sampai terjadi keributan di masyarakat. Karena sektor pariwisata paling rentan dengan keributan,” harap Agung Komar salah satu warga yang melintas di kawasan Renon, Denpasar. 016

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

3 tanggapan untuk “Amankan “Kandang” SGB, Relawan Sebar Baliho

  • 08/11/2018 pada 8:32 PM
    Permalink

    Michael Owen feels Jordan Henderson will make a decent replacement as Liverpool captain when Steven Gerrard brings the curtain down on his time at Anfield. Jordan Henderson is quality but the future Liverpool skipper does not have the talent of Steven Gerrard, says Michael Owen

    Balas
  • 24/11/2018 pada 12:51 AM
    Permalink

    Jason Puncheon was born little more than a mile from Selhurst Park in Croydon’s Mayday Hospital and spent his childhood living directly opposite Crystal Palace’s ground. Crystal Palace’s Jason Puncheon on dealing with his attitude problem: ‘I was no angel but now my Wembley dream can come true’ 

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!