Ahli Strategi, Alit Kelakan Layak Pimpin Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf

posbali.id

DENPASAR, POS BALI.ID- Pengamat Politik
Dr. Luh Riniti Rahayu menilai, pilihan partai Koalisi menunjuk Ketua Bappilu DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, IGN Kesuma Kelakan, sebagai Ketua Tim Pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin tingkat Provinsi Bali, sangat tepat.

Akhir pekan lalu, partai pendukung Jokowi-Ma’ruf tingkat Provinsi Bali telah sepakat menunjuk Alit Kelakan sebagai “Panglima Perang” Jokowi-Ma’ruf di Bali. Ada sembilan Partai Pendukung Jokowi-Ma’ruf yakni PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, Hanura, PKB, PSI, PPP, PKPI dan Perindo.

“Saya kira Alit Kelakan pantas menjadi ketua tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf.” kata Riniti di Denpasar, Rabu (12/9).

Dr. Luh Riniti Rahayu
Direktur LSM Bali Sruti ini mengatakan, Alit Kelakan memiliki track record (rekam jejak) yang bagus dalam politik. Pengalamannya di politik cukup mumpuni. Selain sebagai Ketua Bappilu, Alit Kelakan juga Ketua Dewan Perancang Daerah Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali. Di tangannya, Bali sukses menjadi pilot project penerapan PPNSB yang dicanangkan oleh DPP PDI Perjuangan.

Pada Pilgub Bali 2018, politisi asal Desa Pemecutan Kelod, Denpasar Barat menjabat Sekretaris Tim Pemenangan yang mengantarkan Koster-Ace memenangkan Pilgub Bali pada 27 Juni lalu. Alit Kelakan yang semasa mahasiswa aktif di Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI), ini sempat menjabat Wakil Gubernur Bali periode 2003-2008 dan anggota DPD RI Dapil Bali periode 2009-2014. Kini ia terdaftar sebagai Bakal Calon anggota DPR RI.

Alit Kelakan juga berhasil mengukir reputasi sebagai ahli strategi politik. Dia adalah salah satu tokoh utama yang mendesain strategi pemenangan Koster-Ace.

Dengan rekam jejak demikian, Riniti menilai Alit Kelakan pantas menjadi ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf. “Alit kelakan sudah membuktikan diri berhasil memimpin Tim Pemenangan Koster-Ace (Sekretaris Tim Pemenangan). Alit Kelakan dari track record-nya bukanlah orang baru. Pengalaman politiknya mumpuni. Pernah menjadi wakil gubernur. Jadi keberhasilan menjadi Tim Sukses Pilgub, wajarlah mengantarkannya menjadi ketua Tim Sukses Pilpres,” ujar Riniti.

Lebih lanjut mantan Komisioner KPU Bali ini mengatakan, Partai Koalisi sudah mengambil keputusan yang tepat menunjuk Tim Pemenangan berasal dari PDI Perjuangan. Adapun kader Partai Golkar kebagian jabatan Sekretaris Tim Pemenangan, yakni I Gusti Putu Wijaya (Wakil Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali). Adapun jabatan Bendahara jatuh ke tangan Sekretaris DPW partai NasDem Provinsi Bali Luh Putu Nopi Sri Jayanti.

Untuk ketua-ketua Partai Koalisi ditetapkan sebagai Pengarah Tim Pemenangan, dan sekretaris-sekretaris partai koalisi ditetapkan sebagai Wakil Ketua (kecuali Sekretaris DPW partai NasDem Provinsi Bali yang diplot sebagai Bendahara).

“PDI Perjuangan sebagai ketua pemenangan tentu masuk akal karena PDI Perjuangan adalah parpol pengusung utama yang terbesar untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf. Dan parpol Golkar dan Nasdem juga adalah koalisinya yang kuat, sehingga layak dapat posisi Sekretaris dan Bendahara Tim Pemenangan,” pungkas Riniti.(*)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!