243 Peserta Ikuti Gebyar Tari Bali XI

posbali.id

GIANYAR, POS BALI.ID – Sanggar Widya Buana Aga Desa Belega Blahbatuh berupaya mengajegkan seni dan budaya Bali dengan menggelar Gebyar Tari Bali. Untuh tahun ini merupakan pelaksanaan yang kesebelas kalinya. Gebyar Tari Bali XI ini, diikuti 243 peserta dan dibuka  Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata, Minggu (18/2) di wantilan Pura Dalem Desa Pakraman Belega Blahbatuh.

Ketua Sanggar Widya Buana Aga, Komang Elen Juniadi, SE, mengatakan, Sanggar Buana Aga sudah berusia hampir 13 tahun, dan sudah mampu secara rutin mengggelar lomba tari melalui event Gebyar Tari Bali. “Sejak awal tujuan gebyar tari Bali ini lebih ditekankan pada upaya pelestarian seni dan budaya Bali khususnya seni tari,” ujarnya.

Lanjutnya, upaya pelestarian seni dan budaya, tidak semata-mata tugas pemerintah dan pelaku seni semata. Namun, generasi muda sejak kecil sudah harus dikenalkan bagaimana caranya melestarikan seni dan  budaya itu. “Gebyar Tari Bali ini, kami harapkan mampu menjadi wadah, generasi muda untuk mengekspresikan kreatifitas mereka dibidang seni tari,” tegasnya.

Lebih lanjut dikataknya, pada pelaksanaan Gebyar Tari Bali XI Tahun 2018 ini,  dengan tema ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu ini, akan melombakan enam jenis tari, yakni Tari Puspanjali, Tari Baris Tunggal, Tari Condong, Tari Kebyar Duduk, Tari Wiranata dan Tari Topeng Keras. “Sama seperti tahun sebelumnya, kita melombakan enam jenis tari,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata memberikan penghargaan yang setinggi-tingga atas upaya yang dilakukan Sanggar Widya Buana Aga dalam upaya pelestarian seni dan budaya khususnya dibidang tari Bali.

Apalagi dalam lomba ini peserta lebih dikhususkan pada anak-anak. Hal ini sangat penting, mengingat gempuran teknologi modern kadang membawa dampak yang tidak baik bagi anak. Anak terbiasa dengan gadget dan segala aplikasi permainannya. Namun, dengan mereka aktif kegiatan menari minimal mereka tahu seni budaya mereka sendiri, aktifitas olah tubuh melalui tarian dan memahami filosofi taupun makna dari tarian yang mereka pelajari.

Gebyar tari yang didukung Surat Kabar POS BALI ini, selain memperebutkan Piala Bupati Gianyar, panitia menyediakan total hadiah jutaan rupiah. Semua peserta juga akan diberikan piagam penghargaan yang ditandatangani Perbekel Desa Belega. Disamping itu, untuk juara I, II dan III akan mendapatkan piala, piagam penghargaan yang ditandatangi Bupati Gianyar, bingkisan dan uang tunai.

Untuk juara harapan mendapatkan piala Bupati Gianyar, piagama yang akan ditantangani Kepala Dinas Kebudayaan Gianyar. “Juara berbakat mendapat piagam penghargaan yang ditandangani Camat Blahbatuh. Sedangkan untuk piagam peserta ditandatangi perbekel Belega,” jelasnya. 011

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!