Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

E-Wallet Adalah: Definisi, Keuntungan dan Kekurangannya yang Wajib Kita Tahu


Ditengah laju perkembangan teknologi seperti sekarang ini, kita diminta untuk terus beradaptasi dengan cepat. Secara perlahan, segala lapisan kehidupan tersentuh teknologi dan berubah jadi sistem digital. Contohnya saja kemunculan e-wallet. E-wallet adalah layanan elektronik yang lebih dikenal sebagai dompet digital.

Pengertian e wallet adalah layanan elektronik yang memfasilitasi pembayaran dengan kartu dan juga uang digital, sekaligus menjadi media untuk penyimpanan data dan juga penyimpanan uang.

Dalam prakteknya, e-wallet hadir dalam wujud aplikasi mobile. Sehingga lebih praktis dan ringkas untuk dibawa kemana saja. Tujuan utama dari hadirnya layanan elektronik ini adalah mempermudah transaksi online.

Ada beberapa contoh e-wallet yang populer. Sebut saja Go-Pay, DANA, Shopee Pay, OVO dan masih banyak lainnya. Dalam penggunaannya, e-wallet ini menyimpan sejumlah keuntungan dan juga kerugian, lho! Kira-kira apa saja keuntungan dan kerugian tersebut? Mari kita bahas satu persatu. 

E-Wallet Adalah: Keuntungan dan Kerugiannya yang Perlu Kita Tahu

Banyak dari tentunya tahu pengertian e-wallet adalah dompet digital, bahkan sudah sering memakaianya untuk transaksi sehari-hari. E-wallet ini banyak macamnya. Kemunculannya semakin populer seiring dengan tumbuh kembang start up dan marketplace di tanah air.

Menariknya lagi, e-wallet ini semacam keharusan. Rata-rata marketplace menggaet e-wallet untuk bekerja sama sebagai metode pembayaran yang utama, contohnya saja https://pintu.co.id. Dalam penggunaannya, ada beberapa keuntungan dan juga kekurangannya. Mau tau apa saja? Berikut ulasan lengkapnya!

Keuntungan Pakai E-Wallet

1. Terhindar dari Uang Palsu

Keuntungan pertama yang bisa kita dapatkan dengan penggunaan e-wallet adalah terhindar dari uang palsu. Mengapa demikian? Rantai penyebaran uang palsu biasanya terjadi ketika transaksi dengan uang fisik.

Ketika berbelanja, kita akan menerima uang kembalian. Tidak ada yang tahu pasti keaslian uang tersebut bukan? Lain cerita dengan penggunaan e-wallet. Pembayaran dengan e-wallet tidak mengharuskan kita menerima kembalian.

Karena ada fitur untuk memotong saldo secara otomatis. Dengan begini kita bisa menghindari resiko penyebaran uang palsu. 

2. Transaksi Praktis dan Lebih Ringkas

Keuntungan kedua tentunya fleksibilitas. E-wallet bisa kita manfaatkan untuk menyelesaikan transaksi apa saja. Prosesnya juga lebih cepat. Anda tidak perlu repot menghitung jumlah uang dan menunggu kembalian. Cukup lakukan pemindaian barcode dan transaksi Anda selesai. 

Kerugian Pakai E-Wallet

1. Ada Biaya Administrasi

Meskipun memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi, nyatanya e-wallet menyimpan banyak kekurangan. Pertama, ada biaya administrasi untuk transaksi tertentu. Nominal biaya administrasi ini beragam. Tergantung kemana tujuan serta jenis e-wallet yang Anda gunakan. 

2. Cenderung Lebih Konsumtif

Masalah lainnya yang datang dari e-wallet adalah meminculkan kebiasaan baru bagi masyarakat. Yakni kebiasaan berbelanja dan menjadi lebih konsumtif. Bagaimana tidak, transaksi apa saja bisa kita selesaikan hanya dalam hitungan detik. 

Ditambah lagi banyaknya promo yang ditawarkan oleh marketplace. Dengan ini, wajar saja bila perilaku masyarakat lebih konsumtif akibat adanya e-wallet.

Sekarang sudah tahu kan pengertian e-wallet adalah dompet digital serta apa saja keuntungan dan kekurangan dalam penggunaannya. Hadirnya teknologi ini sangat membantu kita dalam banyak hal. Namun Anda perlu waspada supaya terhindar dari perilaku konsumtif.