Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menginap di Hotel Bintang 5


Liburan ke Bali dan menginap di hotel berbintang memang menyenangkan. Bali hingga saat ini masih menjadi destinasi favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya yang memukau. Nah, agar liburan lebih berkesan, Anda bisa mencoba merasakan sensasi menginap di hotel bintang 5 di Bali. Misalnya di Hotel Indigo Bali yang berada di Seminyak. Bagi Anda yang ingin mengisi masa liburan dengan mengunjungi Pulau Dewata dan memutuskan untuk menginap di hotel bintang 5, yuk simak tips dari Traveloka Lifestyle SuperApp berikut ini!

Reservasi via Online

Sebelum menginap di hotel bintang 5 di Bali, sebaiknya Anda sudah melakukan reservasi setidaknya dua hari sebelum hari H. Karena hotel bintang 5 memiliki banyak tipe kamar, Anda juga harus menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Biasanya ada tipe Deluxe Room, One Bedroom Suite, Family Room dan Presidential Suite yang bisa Anda pilih. Reservasi bisa Anda lakukan langsung dari website hotel tersebut, ataupun melalui situs pemesanan hotel online seperti Traveloka.

Siapkan Deposit

Saat melakukan check in, biasanya Anda akan diminta deposito sebagai jaminan. Besarnya jumlah deposit sesuai dengan harga kamar saat Anda menginap. Jika tidak memiliki kartu kredit, Anda harus menyediakan uang cash sebagai jaminan dan besar nominalnya juga tergantung kebijakan masing-masing hotel. Uang cash yang dijadikan jaminan akan dikembalikan secara utuh saat Anda check out. Setelah check in, biasanya barang-barang Anda akan langsung diantarkan ke kamar oleh petugas hotel. Anda juga bisa memberikan tip pada petugas sebagai ucapan terima kasih.

Perhatikan Check-in dan Check-out

Waktu check in dan check out mayoritas hotel di Bali, termasuk hotel bintang 5 biasanya sama. Para tamu bisa check in pada 14.00 dan check out pada 12.00 esok harinya. Meski begitu ada beberapa hotel yang memiliki kebijakan late check out dan early check in. Bila Anda tiba di Bali lebih awal, Anda bisa meminta pada pihak hotel untuk melakukan early check in sebelum 14.00. Untuk late check out, umumnya para tamu diberi tambahan waktu hingga 1 jam.  Namun hal itu tentunya harus dikomunikasikan terlebih dahulu pada pihak hotel.

Kunci Berupa Kartu

Di hotel bintang 5, biasanya kunci kamar yang digunakan tidak konvensional seperti halnya kunci rumah. Kunci yang diberikan berupa kartu sensor yang bisa  tap sensor yang berada di luar pintu kamar. Selain sebagai kunci kamar, fungsi kartu sensor ini juga untuk menyalakan listrik dalam kamar. Karena itu,  jangan lupa membawa kunci sensor itu setiap keluar dari kamar. Jauhkan juga kartu tersebut dari berbagai peralatan elektronik. Bila Anda membawa barang berharga, hotel bintang 5 umumnya memiliki safety deposit box. Anda bisa menyimpang barang berharga milik Anda di kotak tersebut agar lebih aman.

Toiletries Gratis

Pihak hotel biasanya telah menyiapkan perlengkapan mandi atau toiletries bisa digunakan secara gratis. Seperti sampo, sabun, sikat gigi, losion dan lainnya yang diletakkan di dalam kotak atau wadah kecil. Namun, Anda jangan sampai membawa pulang barang lain, misalnya handuk, sprei, atau hair dryer. Beberapa barang itu tidak boleh Anda bawa, termasuk bantal, selimut dan lainnya.

Minibar Berbayar

Di kamar hotel bintang 5, Anda akan menemukan minibar berupa kulkas kecil yang berisi aneka minuman dan camilan. Camilan di minibar biasanya terdiri dari snack dan coklat. Beberapa hotel bintang 5 juga menyediakan minuman soda dan beralkohol dalam kulkas. Anda perlu tahu bahwa semua item dalam minibar itu dijual. Jika Anda mengambil, maka Anda harus membayarnya saat check out.  Namun, biasanya semua hotel bintang 5 memberikan air mineral cuma-cuma. Biasanya ada dua botol air yang bisa Anda minum secara gratis.

Itulah hal-hal yang harus Anda perhatikan saat menginap di hotel bintang 5. Syarat umum dan pelayanan di hotel bintang 5 memang berbeda dengan hotel non-bintang. Bila Anda menginap di hotel berbintang 5 di Bali untuk berlibur maupun urusan pekerjaan, Anda bisa memesan di Traveloka. Anda bisa memilih hotel sesuai budget dan Traveloka juga akan memberikan berbagai promo seperti diskon atau potongan harga. Dengan Traveloka, liburan Anda dijamin akan lebih nyaman, aman dan berkesan!