Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Perbedaan Deposito dan Tabungan


Baik deposito maupun tabungan sama-sama produk perbankan yang dapat dipilih untuk mengamankan uang. Namun ada perbedaan deposito dan tabungan yang perlu diketahui sebelum memilih satu di antaranya.

Sementara dari segi persamaan, kedua jenis produk memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Keduanya dijamin lembaga penjamin keuangan (LSI).

4 Perbedaan Deposito dan Tabungan 

Jika Anda sedang memilih antara deposito dan tabungan, penting untuk mengetahui perbedaan deposito dan tabungan berikut:

1. Jenis Produk

Pertama perbedaan paling mendasar dari kedua produk ini adalah keduanya termasuk dalam kategori jenis produk yang berbeda. Tabungan merupakan produk simpanan sedangkan tabungan deposito adalah produk investasi.

Maka dalam pemilihan dua produk tersebut dapat dipilih sesuai tujuan Anda. Jika Anda ingin menyimpan dana untuk mengamankannya dan dapat diambil kapan saja, maka tabungan lebih tepat dipilih.

Sedangkan jika tujuan menyimpan dana untuk mengamankan sekaligus investasi, simpan dana Anda dalam bentuk deposito.

2. Fleksibilitas

Perbedaan selanjutnya adalah fleksibilitas penarikan dari kedua produk. Tabungan memiliki sifat lebih fleksibel, sebab Anda dapat melakukan penarikan kapan saja. Berbeda dengan deposito, sebagai produk investasi, Anda tidak bisa menarik simpanan seenaknya.

Penarikan dana deposito hanya dapat dilakukan pada jangka waktu yang ditetapkan. Jangka waktu ini atau disebut tenor dapat ditentukan pada awal pembukaan dengan pilihan tenor 1 bulan, 3 bulan, 6, 12 dan 24 bulan. 

3. Keuntungan

Sebagai investasi, deposito memberi keuntungan lebih besar yakni berupa bunga deposito berkisar 5% hingga 7%. Sedangkan tabungan hanya memberi bunga antara 0,5% hingga 3%. 

Namun demikian pada deposito, jika dilakukan penarikan sebelum waktu tenor, akan dikenai penalti. Karenanya, untuk deposito diusahakan memang untuk dana investasi karena tidak dapat.

4. Bilyet dan Buku

Membuka tabungan, Anda akan mendapat buku tabungan lengkap dengan kartu ATM. Berbeda dengan deposito, Anda tidak mendapat tabungan melainkan bukti berupa bilyet deposito. Bilyet tersebut juga digunakan untuk pencairan dana.

Itulah perbedaan deposito dan tabungan yang harus Anda ketahui. Agar lebih meyakinkan Anda dapat mengecek kelebihan dan kekurangan deposito tabungan.