Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara Penghasil Wol Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Wol

Wol merupakan salah satu komoditi yang sangat diandalkan oleh beberapa Negara maju sebagai bahan utama tekstil. Bulu yang berasal dari domba dan kambing ini memang memiliki kualitas yang bagus. Belum diketahui secara pasti kapan wol mulai dipergunakan sebagai bahan baku tekstil. Namun, saat ini ada sejumlah Negara yang mengandalkan wol sebagai komoditas ekspor mereka di pasar dunia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada 5 negara penghasil wol terbesar di dunia yang bisa Anda ketahui.

Daftar Negara Dengan Predikat Penghasil Wol terbanyak dan terbaik di Dunia

1. Australia

Negeri kanguru ini tercatat sebagai negara tertinggi penghasil wol. Wol yang mampu dihasilkan mencapai 420 ribu ton wol. Angka itu adalah seperlima kebutuhan wol dunia. Australia memang diketahui memiliki wilayah peternakan yang luas. Sebuah badan organisasi bernama Food and Agriculture Organization (FAO) memperkirakan produksi wol tahunan berkisar 2,1 juta ton di seluruh dunia. Dan Australia memasok seperlima dari jumlah tersebut atau sekitar 420 ribu ton.

Artikel terkait: negara penghasil sampah

2. China

Negara tirai bambu ini juga termasuk negara penghasil wol terbesar di dunia. China memproduksi sebanyak 236 ribu ton dalam setahun. Daerah yang merupakan  penghasil wol utama di Cina yaitu Daerah Otonom Mongolia Dalam, dimana diketahui kelembutan wol yang dihasilkan di wilayah timur laut adalah yang terbaik. Hal itu dikarenakan iklim yang cocok untuk industri tekstil. Selain dikenal sebagai penghasil wol, china juga menjadi pasar wol terbesar di dunia.

Artikel terkait: negara penghasil wanita cantik

3. Amerika Serikat

Wol yang dihasilkan negeri Paman Sam ini pertahun mencapai 150,89 ribu ton. Di jalanan Amerika setiap akhir musim panas, ribuan domba akan mengambil alih jalan raya. Sepanjang ratusan kilometer jalanan di negara bagian Idaho, Amerika Serikat ini akan penuh dengan domba yang digiring oleh para penggembala melintasi pegunungan Sawtooth menuju padang rumput musim dingin yang terletak di Lembah Snake River bagian selatan.

Artikel terkait: negara penghasil nikel

4. Selandia baru

Di negara Selandia Baru atau yang biasa disebut New Zealand, beternak merupakan profesi yang banyak ditekuni oleh masyarakatnya. Oleh karena itu, nama New Zealand akan selalu identik dengan hasil ternaknya yang berkualitas serta pemandangan alam yang indah. Survei menyebutkan bahwa jumlah populasi ternak di Selandia Baru jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penduduknya sendiri. Domba yang diternakkan di negara ini bisa berjumlah puluhan bahkan ratusan ribu ekor. Hal ini menjadikan Selandia Baru sebagai negara penghasil wol terbesar di dunia. Sebanyak 102,5 ribu ton wol yang dihasilkan oleh negara ini.

Artikel terkait: negara penghasil kopra

5. Turki

Jumlah wol yang dihasilkan oleh negara Turki mencapai 74,5 ribu ton per tahun. Itu menjadikan Turki sebagai salah satu negara penghasil wol terbesar di dunia. Turki memiliki jenis kambing yang unik. Kambing itu dikenal dengan sebutan kambing angora. Rata-rata bulu dari kambing angora ini akan dipanen setelah kambing berusia sekitar 4 hingga 6 minggu. Kelebihan yang dimiliki bulu kambing ini yakni memiliki serat yang bagus, tipis, halus serta memiliki elastisitas yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, bulu kambing ini juga memiliki warna yang lebih berkilau dari kambing biasanya. Daya tahan bulu kambing Turki juga cukup baik. Tidak heran jika bulu kambing ini menjadi buruan para pecinta wol.


Negara Penghasil Wol - Pos Bali