Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara Penghasil Wine Terbaik di Dunia

Negara Penghasil Wine

Wine merupakan salah satu minuman beralkohol yang terbuat dari bahan utama buah anggur. Bagi Negara barat, wine menjadi suatu suguhan yang wajib di beberapa acara penting. Tidak heran jika harga minuman yang satu ini cukup lumayan, apalagi jika memiliki kualitas serta usia yang lama. Semakian lama wine disimpan, maka harganya pun akan semakin mahal. Lalu dimanakah wine diproduksi? Negara manakah yang termasuk penghasil wine terbaik? Berikut ini akan berikan daftar negara penghasil wine terbaik di dunia.

Daftar Negara Penghasil Wine terbesar di Dunia

1. Spanyol

Spanyol tidak hanya menjadi negara penghasil wine terbaik di dunia, tapi ternyata Spanyol juga negara dengan kebun anggur paling besar. Namun meskipun Spanyol memiliki kebun anggur paling besar di dunia, nyatanya produksi total wine Spanyol masih kalah dari Italia. Total produksi wine tahunan Negara Spanyol mencapai 5.387.379 metrik ton. Anggur sendiri mulai dibudidayakan di negara ini sejak abad permulaan. Sedangkan wine mulai diproduksi sejak sebelum abad ke-1.

Artikel terkait: negara penghasil wol

2. Prancis

Negara yang sangat terkenal dengan menara Eiffelnya ini merupakan salah satu Negara yang menghasilkan terbaik di dunia. Prancis selalu identik dengan wine nya yang berkualitas. Salah satu acara yang berhubungan dengan wine yakni yang diadakan setiap Oktober di kota Chablis, wilayah Burgundy. 

Para pencinta wine, tak peduli pemula maupun yang sudah pengalaman, dapat ikut serta untuk mencicipi wine, mengikuti pelatihannya, serta kegiatan yang bertema wine lainnya. Anda dapat berkunjung ke tempat ini sepanjang tahun dan mencicipi semua jenis anggur yang ditawarkan. Hasil produksi wine Negara Prancis mencapai  5.915.882 metrik ton.

Artikel terkait: negara penghasil sampah

3. Amerika Serikat  

Negara yang menyandang predikat negara adi kuasa  ini merupakan penghasil wine terbaik di dunia. 90% produksi wine dari Negara Amerika Serikat berada di negara bagian California. California juga bisa disebut sebagai rumah bagi para produsen wine. Iklim Negara bagian ini memang sangat cocok untuk perkebunan anggur, sehingga produksi anggur di California sangatlah tinggi dibandingkan dengan Negara bagian lainnya. Meski demikian, anggur diproduksi hampir di seluruh Negara bagian yang ada di negeri Paman Sam. Jumlah anggur yang dihasilkan oleh Amerika serikat mencapai 6.679.211 metrik ton.

Artikel terkait: negara penghasil wanita cantik

4. Italia 

Italia juga termasuk dalam negara penghasil wine terbaik yang ada saat ini. Sama seperti yang dilakukan oleh Prancis di tahun 2007, Italia juga ikut menurunkan kuota produksi winenya dan menghapus banyak kebun anggur yang dimilikinya. Italia menurunkan produksi winenya sebanyak 7% sejak tahun 2007. Namun sekalipun produksinya diturunkan, jumlah total produksinya terbilang tetap tinggi, yaitu mencapai 7.169.745 metrik ton.  Italia memiliki lebih dari satu juta perkebunan anggur yang ada di hampir setiap wilayah negara ini. Untuk kualitas, wine dari Negeri Pizza ini sudah tidak perlu lagi ditanyakan kualitasnya.

Artikel terkait: negara penghasil nikel

5. China

Negara yang mendapat julukan raksasa tidur ini adalah negara penghasil anggur terbaik di dunia. China memiliki luasan kebun anggur yang mencapai 6.000 kilometer persegi. Tak ada satu pun negara lain di dunia yang dapat menyaingi China dalam hal jumlah produksi anggur.  Para pengusaha-pengusaha Cina  membangun industri ini mulai dari awal, termasuk pembangunan pabrik, tempat pengolahan serta penyimpanannya. Gurun awalnya tandus telah disulap menjadi perkebunan anggur dengan sistem irigasi yang teramat canggih. Produksi anggur China mencapai 13.083.000 metrik ton per tahunnya.


Negara Penghasil Wine - Pos Bali

Posting Komentar untuk "5 Negara Penghasil Wine Terbaik di Dunia"