Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Timah

Timah menjadi bahan tambang yang sangat dibutuhkan karena fungsinya yang beragam. Ada banyak benda yang merupakan hasil olahan dari timah seperti kaleng soda dan juga pelapis baja. Keunggulan lain timah adalah tahan terhadap karat dan sifatnya yang konduktor. Saat ini, terdapat 6 negara penghasil timah terbesar di dunia yang berkualitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan industri.

Daftar Negara Penghasil Timah Terbanyak dan terbaik di Dunia

1. Peru (18.000-23.700 ton)

Negara yang terletak di Amerika Selatan ini menjadi salah satu penghasil timah terbesar di dunia. Peru mampu menghasilkan 23.700 ton timah untuk ekspor maupun kebutuhan negara. Kebanyakan timah di Peru berasal dari daerah Minsur yang merupakan kawasan penghasil timah terbanyak.

Dalam kawasan Minsur sendiri, terdapat Tambang San Rafael yang menghasilkan timah dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu, status tambang ini sebagai pemasok timah terintegrasi dalam negara Peru. Terlebih lagi, tambang ini menghasilkan 15,5% timah dari produksi dunia secara keseluruhan.

Artikel terkait: daerah penghasil mutiara

2. Myanmar (11.000-45.000 ton)

Myanmar juga menjadi salah satu negara yang menghasilkan timah terbesar di dunia. Negara yang menjadi anggota ASEAN ini mampu memproduksi timah dengan jumlah 45.000 ton. Produksi timah tersebut digunakan untuk ekspor dan juga kebutuhan pasar domestik dalam Myanmar.

Negara yang memiliki nama lain Burma ini memiliki banyak persediaan timah karena kondisi geologis yang mendukung. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai tambang yang menghasilkan timah dalam jumlah besar. Salah satunya adalah tambang Man Maw yang termasuk dalam kawasan Wa County.

3. Indonesia (83.000-84.000 ton)

Selain Myanmar, Indonesia juga menjadi salah satu negara penghasil timah terbesar di dunia yang masih termasuk anggota ASEAN. Negara ini bahkan menduduki peringkat kedua setelah Cina dalam jumlah produksi dan impor timah. Jumlah produksi timah dari Indonesia bisa mencapai 84.000 ton.

Provinsi Bangka Belitung menjadi daerah penghasil timah terbesar di Indonesia. Total timah yang berasal dari daerah ini mencapai 90% dari jumlah total produksi timah dari Indonesia. Produksi timah di Indonesia ini nantinya akan diekspor dan disalurkan ke pasar domestik yang ada dalam negeri.

4. Cina (90.000-125.000 ton)

Cina menjadi negara yang menghasilkan timah terbesar di dunia hingga saat ini. Jumlah produksi timahnya lebih banyak puluhan ribu ton daripada Indonesia. Cina mampu memproduksi timah dengan jumlah 125.000 ton. Produksi timah di negara tersebut diekspor dan digunakan secara domestik.

Produksi timah Cina sangat banyak karena terdapat output dari negara-negara sekitar seperti Myanmar dan Mongolia. Cina memiliki berbagai daerah penghasil timah seperti Yunan dan Guangxu Zhuan. Kedua daerah ini memiliki perusahaan sendiri-sendiri yang memproduksi timah terbesar di Cina.

5. Brazil (12.000-18.000 ton)

Brazil menjadi salah satu negara Amerika selatan yang menghasilkan timah dalam jumlah besar selain Bolivia dan Peru. Negara ini bisa menghasilkan timah dengan jumlah mencapai 18.000 ton. Tambang timah terbesar di Brazil adalah Tambang Pitinga yang memproduksi 50% timah dari total produksi timah di Brazil.

6. Bolivia (18.000 ton)

Bolivia juga menjadi salah satu negara penghasil timah terbesar di dunia. Negara ini mampu menghasilkan timah dengan jumlah 18.000 ton. Bolivia menghasilkan cassiterite yang merupakan sumber utama dari timah sejak era 80-an. Jumlah produksi timah di Bolvia merupakan sepertiga dari total ekspor produksi tambangnya.


Negara Penghasil Timah - Pos bali

Posting Komentar untuk "6 Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia"