Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara Penghasil Kopra Terbesar Di Dunia

Negara Penghasil Kopra

Kopra merupakan daging buah kelapa yang telah melalui proses dikeringkan. Bisa dikatakan jika kopra adalah produk kelapa yang cukup penting, karena akan menjadi bahan baku dalam pembuatan minyak kelapa dan lain sebagainya.

Nah, dikarenakan masyarakat di dunia akan selalu membutuhkan produk dari kelapa sehingga banyak dari negara penghasil kopra terbesar di dunia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan lengkapnya.

Daftar Negara yang Menjadi Penghasil terbanyak dan terbaik Kopra Berkualitas

1. Thailand 

Untuk yang pertama terdapat negara Thailand, yang sampai saat ini merupakan negara terbesar dalam penghasil kopra. Sebab negara ini selama bertahun-tahun mampu memproduksi kelapa sebanyak 23,213 ton.

Terlebih lagi Thailand merupakan negara dengan iklim yang tropis yang sama dengan Negara Indonesia, sehingga bisa menjadi pendorong jika negara tersebut mampu memproduksi kopra. Perkebunan kelapa di negara ini juga cukup luas dan semakin berkembang.

Artikel terkait: negara penghasil kelapa sawit

2. Filipina

Dan untuk yang kedua ini terdapat Negara Filipina yang memang sangat populer akan produksi kopra. Karena jumlah ah dari kopra yang mampu dihasilkan oleh negara ini mencapai 59 ton.

Bahkan terkadang jumlah produksi akan berbeda pada setiap tahun. Bisa berkurang dan juga bisa bertambah, namun yang paling dominan pada setiap tahunnya akan semakin bertambah.

Untuk kawasan Filipina yang menjadi penghasil kopra cukup banyak, sehingga mampu melakukan ekspor ke berbagai negara yang memang memerlukan jumlah kopra sebagai bahan baku dalam pembuatan minyak dan lain sebagainya.

Artikel terkait: negara penghasil karet

3. India

Negara penghasil kopra terbesar di dunia berikutnya adalah India. India menjadi salah satu negara yang berada di Asia Selatan, yang juga masuk kedalam negara dengan produksi kobra yang paling besar. Apalagi kelapa yang hasilkan oleh negara ini bisa mencapai16,508 ton. 

Bisa dikatakan apabila  kopra inilah yang menjadi salah satu komoditas penting warga negara India. Terlebih lagi untuk masyarakat yang berada di pedesaan. Apalagi kopra memang sangat dibutuhkan untuk dijadikan bahan utama dalam pembuatan minyak goreng, ataupun beberapa produksi lain. Sehingga pemerintahan negara ini pun melakukan ekspor.

Artikel terkait: negara penghasil jagung

4. Sri Lanka 

Negara Sri Lanka juga menjadi salah satu negara yang cukup besar dalam memproduksi kelapa untuk kopra. Jumlah kopra yang bisa diproduksi mencapai 11,84 ton, yang menurut data pada setiap tahunnya akan mengalami peningkatan. 

Dengan besarnya jumlah produksi kopra di negara ini, tentunya tidak lepas dari iklim yang cocok untuk menanam kelapa. Bahkan kondisi geografis yang ada di Sri Lanka ini memang berupa pulau, sehingga menjadi peluang besar untuk memproduksi kopra.

Tentu saja hal ini menjadi keuntungan bagi negara Sri Lanka. Karena bisa mendapatkan sejumlah keuntungan yang bisa menambah kas negara.

Artikel terkait: negara penghasil ikan

5. Indonesia

Untuk negara terakhir adalah negara Indonesia, yang masih masuk kedalam Asia Tenggara. Negara ini bisa memproduksi kelapa untuk kopra dengan jumlah 12,512 ton. Jumlah produksi tersebut bisa didapatkan selama per tahun

Negara Indonesia memang menduduki peringkat 5 besar dalam perihal produksi kopra. karena bisa memproduksi dalam jumlah yang sangat besar, tak heran jika negara Indonesia ini akan melakukan ekspor ke sejumlah negara untuk memenuhi kebutuhan kopra. 

Mengenai kawasan industri yang mampu menghasilkan kopra dengan jumlah yang besar. Adalah provinsi Sulawesi Utara. Meskipun demikian, Indonesia yang menjadi negara penghasil kopra terbesar di dunia ini juga memiliki beberapa daerah lain yang bisa menghasilkan kelapa untuk pembuatan kopra.



Negara Penghasil Kopra - Pos bali

Posting Komentar untuk "5 Negara Penghasil Kopra Terbesar Di Dunia"