Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Kopi

Bagi beberapa orang, kopi adalah salah satu minuman yang menjadi favorit sebab dapat dinikmati dalam berbagai macam situasi. Dimulai dari berkumpul dengan teman di cafe, dinikmati saat bekerja ataupun santai di rumah. Nah, pastinya Anda penasaran bukan negara penghasil kopi terbesar di dunia dan juga mampu menghasilkan kopi berkualitas.

Daftar Negara yang Menjadi Penghasil Kopi Terbesar

1. Indonesia (636.000 Metrik Ton)

Untuk yang pertama ini merupakan negara tercinta yaitu Indonesia. Tak dapat dipungkiri, jika negara Indonesia adalah penghasil biji robusta paling besar nomor 3. Apalagi hal ini didukung dengan iklim yang ada di Indonesia yang sangat cocok untuk biji kopi robusta.

Bahkan total produksi dari negara Indonesia untuk biji kopi robusta dan juga arabica mencapai 636000 metrik ton selama tahun.  Sehingga industri kopi dari negara Indonesia menjadi swadaya  dengan operasi skala yang besar.

Dan yang paling terkenal adalah jenis kopi spesial yang bernama kopi luwak. Meskipun proses pemanenan dari kotoran musang, namun biji kopi ini memiliki rasa yang cukup unik dan khas. Yang  jenis kopi dari Indonesia yang satu ini sangat disukai oleh orang dari luar negeri.

Artikel terkait: 6 Negara penghasil minyak bumi

2. Brazil (3,05 Juta Ton)

Untuk yang kedua ini adalah negara Brazil, yang menjadi negara dengan produsen kopi paling top di dunia. Bahkan menurut hasil data pertanian kopi di Brazil mampu memproduksi hingga mencapai 3,05 juta metrik ton. Tentunya produksi dari kopi inilah yang mampu membuat negara Brazil semakin berkembang dan memajukan perekonomian negara.

Selain itu, negara ini juga mampu melakukan ekspor hingga ke beberapa negara. Terlebih lagi banyak negara yang sangat menyukai hasil produksi kopi dari Brazil.

Artikel terkait: 6 Negara penghasil timah

3. Kolombia (858.000 Ton)

Negara penghasil kopi terbesar di dunia berikut ini merupakan negara yang ada di dalam Amerika Selatan, yaitu Negara Kolombia. Hasil produksi dari kopi yang bisa diperoleh mencapai 858.000 ton selama per tahun.

Dari hasil survei pemerintah yang ada di sana, produksi kopi yang berasal dari Kolombia memiliki kualitas yang cukup bagus. Dan juga memiliki rasa yang sangat nikmat. Sehingga, pengiriman kopi dari negara ini tidak hanya dilakukan di dalam negeri namun sampai ke luar negeri.

Artikel terkait: daerah penghasil mutiara

4. Vietnam (1.500.000 Ton)

Vietnam memang menjadi salah satu negara tetangga yang mampu menghasilkan kopi terbaik dan juga terbesar di dunia. Apalagi pasar kopi sebanyak 17% telah dikuasai oleh negara Vietnam. Yang membuat negara ini berada di urutan nomor 2 sebagai negara penghasil kopi terbesar.

Hasil produksi kopi dari negara ini selama pertahun bisa mencapai 1.500.000 ton. Untuk total seluruh kebun kopi yang ada di sana sebanyak 96% dikuasai oleh jenis biji kopi robusta. Menjadi jumlah yang sangat besar bukan untuk permasalahan pasar kopi.

5. Honduras (450.000 Ton)

Untuk yang terakhir, merupakan negara Honduras yang sampai saat ini telah memproduksi biji kopi sebanyak 450.000 metrik ton. Honduras merupakan salah satu negara yang ada di benua Amerika, tepatnya Amerika Tengah.

Karena negara penghasil kopi terbesar di dunia ini selama per tahun bisa menghasilkan ratusan ton biji kopi. Tak heran jika penjualan dari biji kopi di negara ini mampu membuat para petani memiliki perekonomian yang baik. Terlebih lagi pemerintah melakukan edukasi kepada seluruh petani kopi untuk bisa mendapatkan biji kopi yang berkualitas.


Negara Penghasil Kopi - Pos bali

Posting Komentar untuk "5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia"