Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Negara Penghasil Karet Terbesar Di Dunia

Negara Penghasil Karet

Karet adalah salah satu komoditas yang memiliki peminat yang besar di dunia. Getah yang dihasilkan oleh tanaman ini memiliki fungsi dan bisa digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis barang. Karena tidak bisa hidup dan tumbuh di sembarang tempat, membuat beberapa Negara memiliki sedikit bahkan tidak mempunyai komoditas ini. Berikut ini beberapa negara penghasil karet terbesar di dunia:

Daftar Negara penghasil karet terbanyak dan terbaik di dunia

1. Guatemala

Negara ini berada di bagian Amerika Tengah, Guatemala sendiri mampu memenuhi kebutuhan karet dunia sebesar 1,1%, dengan kata lain dalam satu tahun Negara ini mampu memproduksi karet hingga 349.546 ton. Dari hasil perdagangan komoditas ini, Guatemala mampu mendapatkan 144,8 juta US Dollar, dan biasnya hasil karet dari Negara ini dijual langsung kepada Negara maju.

Artikel terkait: negara penghasil jagung

2. Côte d’Ivoire

Nama Negara ini cukup unik dan sulit disebut. Namun di balik itu semua Negara ini memiliki potensi karet yang di akui dunia, dengan hasil produksi karet yang mencapai 461.000 ton Negara ini mampu memenuhi kebutuhan karet dunia sekitar 8,4%.  Nilai ekspor karet dari tempat ini mencapai 1,1 milyar US Dollar dan menduduki posisi ke-7 sebagai  penghasil karet terbesar di dunia.

Artikel terkait: negara penghasil ikan

3. China

Negara yang satu ini memang terkenal sebagai salah satu Negara perdagangan terbesar di dunia. Selain menjual barang jadi, China juga menjual beberapa komoditas lain seperti karet. Hasil karet dari Negara ini mencapai 824.000 ton dengan luas perkebunan mencapai 475 ribu hektar. Selain itu juga Negara ini merupakan salah satu Negara dengan konsumsi karet terbesar di dunia.

Artikel terkait: negara penghasil gas alam

4. Malaysia

Negara tetangga Indonesia ini juga memiliki potensi perkebunan karet yang bisa dikatakan tinggi. Hasil karet dari Negara Malaysia mampu mencapai 781.996 ton dengan nilai ekspornya mencapai 910,9 juta US Dollar. Fakta ini membuat Malaysia menempati posisi ke-6  di dunia sebagai penghasil karet terbesar.

Artikel terkait: negara penghasil gandum

5. India

India juga merupakan salah satu negara penghasil karet terbesar di dunia dengan hasil produksi mencapai 978.317 ton. India menjadi Negara posisi ke-4 dan luas areal perkebunan karet di Negara ini mencapai 450 hektar. walaupun luas perkebunanya tidak terlalu luas, namun Negara ini mampu mengoptimalkan lahan tersebut sehingga mampu memproduksi karet dalam jumlah yang banyak.

Artikel terkait: negara penghasil fosfat

6. Indonesia

Indonesia mempunyai potensi yang sangat menjanjikan pada komoditas karet. Dengan hasil produksi mencapai 3.630.268 ton, Indonesia menjadi Negara di Asia dengan hasil karet terbesar. Negara ini mampu memenuhi 28,9% kebutuhan karet dunia dengan nilai ekspor mencapai 3,9 miliar US Dollar. Luas perkebunan karet  di Indonesia sekitar 3,5 juta hektar.

Artikel terkait: negara penghasil cpo

7. Vietnam

Hasil karet dari perkebunan yang ada di Vietnam mencapai 1.137.725 ton. Dengan potensinya yang besar, membuat Negara ini menempati posisi ke-3 sebagai penghasil karet terbesar di dunia. Negara ini mampu memenuhi 7,6% kebutuhan karet dunia, dengan nilai ekspor 998,1 juta US Dollar. Maka tidak mengherankan sektor ini menjadi sumber utama devisa negara.

8. Thailand

Negara penghasil karet terbesar di dunia adalah Thailand. Negara ini mampu menghasilkan karet sebesar 4.744.250 ton, dan mampu memenuhi kebutuhan karet dunia sekitar 31,5%. Pendapatan devisa Thailand dari sektor ini mencapai 4,1 miliar US Dollar, lahan perkebunan karet yang ada di Negara ini seluas 2 juta hektar dan kapasitas produksi per harinya mencapai 1,7 ton. 


Negara Penghasil Karet - Pos bali

Posting Komentar untuk "8 Negara Penghasil Karet Terbesar Di Dunia"