Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara Penghasil Fosfat Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Fosfat

Fosfat utamanya digunakan sebagai bahan baku utama untuk pupuk, ataupun suplemen tambahan untuk pakan hewan dan ternak. Diluar dari itu, fosfat digunakan sebagai bahan campuran pada industri, utamanya industri konstruksi dan campuran pada larutan pembersih. Berikut ini list 5 negara penghasil fosfat terbesar di dunia dengan produksi fosfat terbesar.

Daftar Negara Penghasil Fosfat terbanyak dan terbaik di Dunia

1. China

Negara dengan hasil tambang fosfat terbesar di dunia dipegang oleh negara Cina dengan produksi 110 juta metrik ton per tahunnya. Walaupun produksi tambang ini telah berkurang cukup drastis dalam 2 tahun belakangan, namun produksi tambang yang dihasilkan masih dapat dikatakan sangat banyak, apalagi jika dibandingkan dengan produksi fosfat dari negara lainnya.

Walaupun produksi tambang dari negara ini merupakan yang terbanyak di dunia, namun ternyata setelah diteliti lebih lanjut, kandungan cadangan fosfat dari negara Cina bukan merupakan yang terbesar di dunia. Hasil penelitian memprediksi bahwa cadangan tambang fosfat dari negara ini ialah sebesar 3.2 milyar metrik ton fosfat.

Artikel terkait: negara penghasil cpo

2. Maroko

Maroko atau Morocco memproduksi sebesar 36 juta metrik ton fosfat per tahunnya. Walaupun produksinya cukup timpang jika dibandingkan dengan Cina, negara ini memiliki cadangan fosfat terbesar di dunia dengan jumlah cadangan sebesar 50 milyar metrik ton fosfat. Cadangan fosfat yang dimiliki Morocco ini ditaksir sebesar 75% dari seluruh cadangan fosfat yang ada di dunia.

Di Morocco terdapat banyak sekali tambang dengan berbagai hasil tambang. Tambang yang menghasilkan banyak fosfat ialah tambang Khourigba. Tambang ini menopang 50 persen dari seluruh jumlah tambang fosfat yang diproduksi dari Morocco. Tambang yang ada di Morocco ini merupakan salah satu penopang ekonomi negaranya pada masa krisis. 

Artikel terkait: negara penghasil cengkeh

3. USA

USA memiliki sepuluh tambang yang aktif yang tersebar di beberapa negara bagian. Fosfat yang terkandung di USA ini ditambang dengan cara menggali permukaan tanah hingga kedalaman tertentu. Ada juga penambangan dengan cara mengambil mengambil endapan dari permukaan tanah saja, penambangan dengan cara ini dapat ditemui pada pertambangan wilayah timur USA.

Total hasil tambang yang dihasilkan oleh USA ialah 23 juta metrik ton. Walaupun produksi pada tahun 2019 telah turun 2.8 juta metrik ton dari tahun sebelumnya, USA masih dapat mempertahankan produksi dari tambang-tambangnya cukup stabil. Tambang di USA juga digunakan untuk keperluan industri domestik dan sisanya akan diekspor ke negara lain.

Artikel terkait: negara penghasil coklat

4. Rusia

Rusia merupakan salah satu negara penghasil fosfat terbesar di dunia dengan produksi tambang fosfat yang cukup stabil. Dengan produksi per tahunnya stagnan di angka 14 juta metrik ton. Permasalahan kesehatan yang ditimbulkan oleh logam cadmium membuat peluang pertambangan fosfat cukup diminati. 

Cadmium merupakan logam berat dan karsinogen yang sebelumnya digunakan sebagai bahan pembentuk pupuk. Oleh karena terdapat pembatasan dari bahan tambang ini, kini Rusia meningkatkan produksi dan penyerapan penggunaan fosfat pada industrinya agar hasil industri dari Rusia dapat masuk ke pasar dagang utama yang berada di Eropa.

Artikel terkait: negara penghasil batubara

5. Jordania

Jordania dengan hasil produksi 8 juta metrik ton per tahunnya masih masuk ke dalam negara penghasil fosfat terbesar di dunia. Negara ini cukup stabil dalam mengatur output pertambangannya. Jordania memiliki cadangan kandungan fosfat sebesar 1 milyar metrik ton yang hasil tambangnya disebar untuk berbagai macam keperluan industri dan eksport.


Negara Penghasil Fosfat - Pos Bali