Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara Penghasil CPO Terbesar di Dunia

Negara Penghasil CPO

Crude Palm Oil atau biasa disingkat dengan CPO merupakan bentuk dasar dari minyak yang dihasilkan dari pohon kelapa sawit. Ini merupakan bahan untuk membuat minyak goreng yang digunakan oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Indonesia sendiri seringkali menempati posisi pertama dari negara penghasil CPO terbesar di dunia. 

Hal tersebut memang tidak mengherankan karena banyak sekali perkebunan kelapa sawit tersebar di seluruh area nusantara. Selain ibu pertiwi, banyak negara yang mampu menghasilkan minyak tersebut dengan jumlah yang melimpah. Berikut ini merupakan kumpulan dari negara-negara tersebut. 

Daftar Urutan Negara Penghasil CPO terbanyak dan terbaik di Dunia 

1. Indonesia (43 juta merik ton) 

Negara kepulauan terbesar di bumi ini ternyata merupakan produsen utama dari hasil kelapa sawit. Hal tersebut tidak cukup mengherankan karena lahan perkebunan tumbuhan itu memang sangat luas. Terlebih lagi setiap tahunnya hampir selalu mengalami peningkatan. Saat inipun luasnya telah melebihi 11 juta hektar. 

Hal tersebut juga mempengaruhi kuantitas produksi yang dapat dihasilkan oleh Indonesia. Keluaran dari proses pengolahannya itu bertumbuh hingga 3.61% setiap tahunnya. Dari seluruh hasil tersebut, kurang lebih ¾ dari totalnya dialokasikan ke luar negeri sebagai komoditas andalan negara maritim tersebut. 

Artikel terkait: negara penghasil cengkeh

2. Malaysia (20.7 juta metrik ton)

Masih berdekatan dengan negara penghasil CPO terbesar di dunia, negeri jiran tersebut menjadi salah satu diantaranya. Total dari luas tanah yang dijadikan sebagai area melestarikan kelapa sawit juga terbilang luas, meskipun tertinggal jauh dengan tanah air. Lebih dari 5.3 juta hektar tanah di sana berfungsi sebagai media tumbuh tanaman sawit. 

Berbeda dengan Indonesia, tingkat penghasilan komoditas tersebut hanya mendekati satu persen saja pada setiap warsanya. Letaknya yang berada di kawasan tropis memang sangat mendukung perkembangan tanaman tersebut. Akan tetapi, besarnya negara ini tidak terlalu besar apalagi jika dibandingkan dengan bumi nusantara. 

Artikel terkait: negara penghasil coklat

3. Thailand (3 juta metrik ton)

Siapa yang menyangka bahwa tiga besar dari urutan negara yang mampu memproduksi hasil sawit berada di kawasan Asia Tenggara? Thailand yang merupakan negara dengan berbagai keunikannya, ternyata bisa menghasilkan minyak kelapa sawit cukup banyak. Jumlah produksinya mampu mencapai kisaran angka hingga tiga juta metrik ton. 

Angka yang cukup fantastis tersebut didapatkan dari ratusan ribu hektar tanah di sana. Tanah tersebut merupakan kawasan yang dimiliki baik oleh pihak pemerintah maupun swasta untuk memproduksi sawit mentah. Tingkat pertumbuhannya mampu melebihi negeri jiran bahkan hampir sama dengan Indonesia, sebagai peringkat pertama. Negara gajah putih ini bisa meningkatkan penghasilan sawitnya hingga mencapai hampir empat persen pada setiap 12 bulan. 

Artikel terkait: negara penghasil batubara

4. Kolombia (1.67 juta metrik ton)

Negara yang berada di benua Amerika bagian selatan ini ternyata mampu untuk menghasilkan bahan sawit hingga melebihi 1.5 juta metric ton. Meskipun merupakan negara kecil, nyatanya luas tanah berjumlah lebih dari ¼ juta hektar dipakai untuk membudidayakan tanaman tersebut. Persentase peningkatannya pun juga hampir sama dengan Thailand yakni berkisar pada angka 3.3 persen. 

Artikel terkait: negara penghasil padi

5. Nigeria (1 juta metrik ton)

Negara yang ada di benua Afrika ini menjadi salah satu negara penghasil CPO terbesar di dunia. Sekitar satu juta metrik ton mampu diproduksi oleh mereka. Sebenarnya lahan untuk menanami kelapa sawit di sana cukup tinggi hingga menjadi lebih dari 2 juta hektar. Akan tetapi, karena ketrampilan masyarakatnya yang kurang, proses ekspornya hanya berkisar mendekati total keseluruhan penghasilannya. 


Negara Penghasil CPO - Pos bali

Posting Komentar untuk "5 Negara Penghasil CPO Terbesar di Dunia"