Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Negara Penghasil Coklat Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Coklat

Coklat berasal dari biji tanaman kakao. Tanaman kakao ini bermula dari daerah Amerika, yang kini dapat tumbuh dan berbuah di banyak Negara lainnya. Saat ini kebutuhan akan bahan dasar coklat ini semakin meningkat. Beberapa negara penghasil coklat terbesar di Dunia mulai bersaing dalam menghasilkan kakao ini.

Daftar Negara Penghasil Coklat Terbesar di Dunia

1. Cote D’Ivoire

Negara yang terletak di Afrika Barat ini adalah Negara penghasil coklat terbesar di Dunia dan menduduki posisi pertama. Hasil panen kakaonya yang sangat luar biasa yaitu 2.034.000 ton setiap tahun. Negara penghasil coklat terbesar nomor satu ini memiliki lahan sebesar 2.690.000 hektar.

Hasil panen dari Negara ini yaitu bisa setara 30 % dengan total seluruh produksi kakao yang dibutuhkan Dunia. Masyarakat di Negara ini mengandalkan kehidupan dari bertani kakao dan mengolah kakao menjadi olahan yang berkualitas tinggi. Sehingga banyak perusahaan yang bekerja sama dengan Negara ini. 

Artikel terkait: negara penghasil batubara

2. Ghana

Negara ini berada di Afrika bagian Timur. Negara ini adalah penghasil coklat urutan kedua di Dunia. Republik Ghana mampu menghasilkan coklat sebanyak 883.652 ton setiap tahun dengan luas lahan perkebunan sekitar 1.600.203 hektar.

Negara ini menjadikan pertanian sebagai sektor utama dan terpenting bagi masyarakatnya. Masyarakat yang bertani kakao di Negara ini sebanyak 800.000 petani. Dimana penghasilan produksi coklat dari Negara ini adalah sebesar 2 Miliar US Dollar. Keuntungan ini menjadikan Negara ini dapat mengurangi kemiskinan yang ada. 

Artikel terkait: negara penghasil padi

3. Indonesia

Negara tropis dan subur ini mampu mengembangkan industri coklat selama 25 tahun belakangan ini. Negara ini memiliki 1.774.304 hektar lahan yang digunakan khusus untuk menanam kakao. 

Dengan luas lahan tersebut, Indonesia mampu memproduksi 659.776 ton kakao pertahun dan terus meningkatkan produksinya. Dengan jumlah tersebut Indonesia masuk menjadi urutan ketiga Negara penghasil coklat terbesar di Dunia.

Petani Indonesia mampu mengolah sendiri kakao menjadi coklat, turunannya dan menjadi olahan kue lezat lainnya. Sebanyak 87.4 % dari hasil panen tersebut dikelola langsung oleh masyarakat Indonesia. Sisa panen tersebut dikelola oleh pemerintah.

Artikel terkait: negara penghasil anggur

4. Ekuador

Negara ini adalah salah satu Negara dengan hasil panen kakao terbesar di dunia. Petani Ekuador mampu mengolah kakao menjadi coklat dan lainnya. Di Negara ini bertani kakao adalah pilihan utama bagi para petani.

Menurut beberapa sumber, Negara Ekuador ini memiliki tradisi menanam kakao dari zaman dahulu. Sehingga Negara ini diberikan julukan dengan nama Negara penghasil kakao tertua. Negara Ekuador kini mampu menghasilkan coklat sebanyak 205.955 ton per tahunnya. Hasil panen ini didapatkan dari lahan seluas 402.400 hektar.

Selain menjadi Negara penghasil kakao terbesar, hasil olahan coklat Negara ini juga memiliki kualitas yang sangat baik di Dunia. Hal ini menjadikan banyak perusahaan coklat lebih banyak memilih coklat asal Negara ini.

Artikel terkait: negara penghasil emas

5. Nigeria

Terletak di Benua Afrika, Negara ini menjadi salah satu industri penghasil kakao terbesar. Negara beriklim tropis ini menjadikan kakao sebagai penghasilan utama dari petani di Negara ini. Petani di Negara ini mampu merawat dan menjaga tanaman kakao secara manual.

Petani di Negara ini rata-rata memilih menanam kakao. Hasil panen kakao dari petani Nigeria ini yaitu sekitar 328.263 ton dalam satu tahun. Penghasilan ini membuat Nigeria menjadi Negara penghasil coklat terbesar di Dunia dan menempati posisi keempat di Dunia.


Negara Penghasil Coklat - Pos bali

Posting Komentar untuk "5 Negara Penghasil Coklat Terbesar di Dunia"