Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Negara Penghasil Cengkeh Terbesar Di Dunia

Negara Penghasil Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah-rempah dengan manfaat yang sangat penting bagi beberapa sektor Industri. Baik untuk makanan, kesehatan, bahkan sampai Industri rokok juga menggunakan cengke, hal tersebut membuat cengkeh sangat diminati di pasar dunia. Berikut beberapa negara penghasil cengkeh terbesar di dunia

Negara penghasil cengkeh terbanyak dan terbaik di dunia

1. Madagaskar 

Negara yang berada di Benua Afrika ini memiliki potensi Cengkeh yang sangat besar. Madagaskar menjadi salah satu Negara di dunia yang menjadi pemasok cengkeh pada pasar dunia, kualitas cengkeh dari Negara ini juga terkenal bagus. Bukan hanya menjadi Negara dengan produksi cengkeh terbesar di dunia tetapi menjadi Negara penghasil cengkeh terbesar di Afrika juga.

Berdasarkan data yang di peroleh pada tahun 2018, Madagaskar mampu memproduksi cengkeh  hingga 20.821 Ton. Jumlah ini sangatlah besar dan menjadikan Negara ini berada di Posisi ke-2 pada tahun tersebut sebagai Negara penghasil Cengkeh terbesar. Kondisi iklim dan lingkungan yang mendukung membuat produksi cengkeh di Negara ini berlimpah.

Artikel terkait: negara penghasil coklat

2. China 

Selain dikenal sebagai Negara dengan produksi teknologi terbesar pada saat ini, namun ternyata terdapat fakta bahwa Cina juga termasuk ke dalam Negara penghasil Cengkeh Terbesar di dunia. Pada tahun 2018 Cina Menempati posisi ke-7 dengan produksi cengkeh mencapai 1.234 Ton. Fakta ini juga memberi tahu bahwa China juga gencar dalam perdagangan Rempah-rempah dunia.

Artikel terkait: negara penghasil batu bara

3. Indonesia

 Indonesia memang terkenal sebagai daerah yang kaya akan rempah-rempahnya. Sejak zaman penjajahan banyak Negara yang datang ke Indonesia untuk mengeksploitasi kekayaan rempahnya. Hingga saat ini kekayaan rempah terutama Cengkeh Indonesia sangatlah melimpah, terbukti pada tahun 2018 Indonesia menempati posisi ke-1 sebagai negara penghasil cengkeh terbesar di dunia.

Pada Tahun tersebut, Indonesia mampu menghasilkan cengkeh mencapai 139.522 ton. Hasil ini sangatlah spektakuler, selain itu Indonesia juga menjadi Negara utama yang memasok komoditas cengkeh di pasar dunia. Kualitas cengkeh dari Negara ini sudah sangat terkenal dan paling banyak diminati oleh Negara-negara lain.

Artikel terkait: negara penghasil padi

4. Tanzania

Negara berikutnya yang merupakan negara penghasil cengkeh terbesar di dunia  juga berasal dari Benua Afrika. Tanzania memang sudah lama dikenal dengan komoditas cengkehnya yang melimpah. Hingga pada tahun 2018 Negara ini menempati posisi ke-3 sebagai negara penghasil cengkeh terbesar di dunia, dengan hasil cengkehnya yang mencapai 8,915.

Artikel terkait: negara penghasil anggur

5. Comoros

Apakah Anda pernah mendengar Negara dengan nama Comoros?, nama ini memang sangat asing di telinga kita. Negara ini sendiri terletak di kepulauan samudra hindia dan merupakan Negara arap terkecil ke-2. Selain itu Comoros juga merupakan Negara yang dikenal sebagai penghasil cengkeh terbesar di Dunia.

Pada tahun 2018 negara ini menempati posisi ke-5 sebagai Negara penghasil cengkeh terbesar dengan produksi mencapai 2,699 ton. Tidak di sangka bahwa Negara yang jarang diketahui oleh masyarakat luas memiliki potensi Cengkeh yang besar, dan menjadi salah satu pemasok cengkeh di pasar dunia.

Artikel terkait: negara penghasil emas

6. Sri Lanka

Berikutnya Negara yang memiliki potesi yang menjanjikan pada sektor perkebunan cengkehnya adalah Sri Lanka. Negara in pada tahun 2018 mampu menghasilkan jumlah yang besar yakni mencapai 4,991 ton dan menempati posisi ke-4 negara penghasil cengkeh terbesar di dunia,. Cengkeh dari Negara ini juga memiliki peminat yang besar di pasar dunia.

Negara ini memang sudah lama terkenal dengan kualitas cengkeh serta kemampuan produksi yang besar. Biasanya Negara ini menjual cengkeh yang sudah kering di pasar dunia, nilai jual cengkeh dari Negara ini juga terkenal cukup tinggi. Harga jual cengkeh Sri Lanka di Indonesia juga mahal.


Negara Penghasil Cengkeh - Pos bali

Posting Komentar untuk "6 Negara Penghasil Cengkeh Terbesar Di Dunia"