Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia

Negara Penghasil Batubara

Ketergantungan dunia terhadap batubara masih sangat tinggi. Energi fosil tak terbarukan ini jadi sumber energi terbesar setelah minyak bumi. Penggunaannya dirasa terus meningkat dari tahun ke tahun. Seringnya penggunaan batubara ini menimbulkan masalah besar bagi dunia, selain karena jumlahnya yang semakin terbatas, juga bisa menyebabkan polusi emisi karbon serta kerusakan terhadap lingkungan pasca tambang. Negara penghasil batu bara tertinggi di dunia cenderung berganti-ganti. Berikut kami ulas secara singkat daftar-daftar negara penghasil batu bara terbesar di dunia.

Daftar Negara Penghasil Batu bara terbanyak di Dunia

1. China

Negara tirai bambu ini termasuk negara yang menghasilkan batubara terbesar di dunia. China mampu menghasilkan sekitar 3,6 miliar ton batubara. Sehingga hal itu wajar jika dikatakan China sebagai penyumbang batubara hampir separuh dunia. Diberitakan juga bahwasannya China memiliki cadangan batu bara hingga 115 miliar ton dan juga memiliki kurang lebih 12.000 tambang di seluruh dunia.

Artikel terkait: negara penghasil padi

2. Amerika Serikat

USA menempati posisi kedua sebagai negara penghasil batu bara terbesar di dunia. Total produksi di negara tersebut perkiraan mencapai 922 juta ton per tahun. Namun perlu Anda ketahui, selain sebagai produsen terbesar kedua di dunia, Amerika juga menjadi konsumen terbesar di dunia. Konsumsi terhadap batu bara di negara tersebut mencapai 11%, yang sebagian besarnya digunakan untuk pembangkit listrik.

Artikel terkait: negara penghasil anggur

3. India

India termasuk produsen terbesar ketiga di dunia. Total hasil produksi batu bara di negara tersebut mencapai 605 juta ton per tahun. Namun diketahui India juga mengonsumsi batu bara dalam jumlah besar, mencapai 8% secara global. Negara ini dikabarkan juga memiliki cadangan batu bara sebesar 60,6 miliar ton. Yang sebagian besar cadangan batubara di negara ini terletak di India bagian timur.

Artikel terkait: negara penghasil emas

4. Australia

Negara kanguru ini memproduksi batu bara kurang lebih sebanyak 413 juta ton per tahun. Lebih dari 90% dari total seluruh produksinya tersebut dimanfaatkan untuk pasar ekspor, sedangkan 10% sisanya dimanfaatkan untuk penggunaan domestik. Cadangan batu bara Australia diperkirakan mencapai 76,4 miliar dan memiliki kurang lebih 100 tambang swasta.

Artikel terkait: negara penghasil kopi

5. Indonesia

Sedangakan negara Indonesia kita termasuk negara penghasil batu bara tertinggi kelima di dunia. Diperkirakan Indonesia memproduksi sebanyak 386 juta ton di tiap tahunnya. Produksi di negara kita ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Cadangan batu bara yang dimiliki Indonesia diperkirakan 5,5 miliar ton.

Artikel terkait: negara penghasil minyak bumi

6. Rusia

Dengan banyaknya sumber daya yang dimiliki, Rusia meenjadi penghasil batu bara terbesar ke lima secara global. Dengan jumlah populasi dan industri yang tinggi, negara ini juga menduduki predikat konsumen batu bara terbesar dunia. 

Rusia juga mengekspor sejumlah besar batu bara ke berbagai pasar dunia dan menjadikannya negara pengekspor batubara terbesar ketiga secara global. Totalnya diperkirakan mencapai 134 juta ton. Negara ini diketahui memiliki cadangan besar batu bara yang diperkirakan mencapai 157 miliar ton, menduduki peringkat kedua negara-negara dengan cadangan batu bara terbesar di dunia.

Artikel terkait: negara penghasil timah

7. Afrika Selatan

Afrika Selatan berada di peringkat ketujuh untuk negara penghasil batu bara terbesar di dunia dan berada di posisi keenam untuk eksportir global. Negara di ujung selatan benua Afrika ini memang memiliki kekayaan dari tambah batubara yang cukup besar. 

Negara ini menyumbang sebanyak 74 miliar ton ke pasar dunia setiap tahun. Sedangkan untuk cadangan batu baranya mencapai 30,15 miliar ton.


Negara Penghasil Batubara - Pos Bali

Posting Komentar untuk "7 Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia"