Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ciri Ciri Bunga yang Penyerbukannya Dibantu oleh Angin

Bunga yang Penyerbukannya Dibantu oleh Angin

Tampilan sebuah bunga pada tanaman merupakan keindahan tersendiri untuk di lihat. Namun Anda tentu tahu bahwa dibalik semua itu ada proses panjang sebelum bunga itu bermekaran indah. Ada beberapa proses seperti penyerbukan yang begitu menarik untuk di simak. 

Berbicara soal penyerbukan itu sendiri sebetulnya ada berapa mediator yang membantu proses seperti dibantu lebah atau terkena tiupan angin. Nah berikut akan ditampilkan ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu oleh angin:

1. Bagian serbuk sari

Ciri utama proses penyerbukan dengan bantuan angin dapat di lihat dari bentuk serbuk sarinya. Perlu diketahui bahwa beberapa bunga memiliki tipe serbuk sari yang berbeda. Ada yang ukuran lebih besar, berat, dan memiliki warna cerah. Pada proses penyerbukan dengan media angin maka memiliki tipe serbuk dengan berat yang ringan serta berbulu banyak sehingga mudah terbawa arus angin. 


2. Ukuran mahkota

Ukuran mahkota bunga dapat menjadi tanda proses serbuk sari. Bila mana bagian mahkota bunga lebih kecil maka kemungkinan penyerbukan dibantu dengan angin lebih terbuka. Sebab dalam prosesnya lebih efisien dan mudah dibanding bunga dengan mahkota besar yang proses penyerbukannya dibantu hewan. 

Baca juga: Pengertian Geomorfologi Menurut Para Ahli

3. Tangkai sari

Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu oleh angin dapat ditandai dengan bentuk tangkai sarinya. Bagaimana pun bentuk tangkai sari yang lebih panjang memudahkannya lebih fleksibel dalam menerima angin yang datang. Hal itu membantu menerbangkan serbuk sari secara otomatis dan tanpa membuat tangkai mudah patah. 


4. Kepala putik

Kepala putik merupakan bagian penting dalam proses penyerbukan. Maka dari itu Anda harus paham bahwa bagian kepala putih yang mudah dibantu angin saat proses penyerbukan ialah memiliki ciri ukuran lebih besar dan tekstur berbulu. Ukuran dan tekstur itu membantu memudahkannya ketika angin berhembus sehingga tersebar untuk menemukan serbuk sari. 


Itulah beberapa ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dibantu oleh angin. Ciri demikian sudah sangat jelas membantu dalam proses penyerbukan. Penjelasan di atas juga secara otomatis menjadi pembeda dengan proses penyerbukan yang dibantu dengan hewan seperti lebah.


Jenis Bunga yang Penyerbukannya Dibantu oleh Angin - Pos bali

Posting Komentar untuk "4 Ciri Ciri Bunga yang Penyerbukannya Dibantu oleh Angin"