Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pengetahuan Menurut Notoatmodjo 2014 Pdf

Pengertian Pengetahuan Menurut Notoatmodjo 2014 Pdf

Pengetahuan menjadi begitu penting bagi kehidupan manusia. Karena dengan memiliki pengetahuan, manusia bisa melakukan berbagai hal sesuai dengan aturannya. Ada berbagai jenis pengetahuan mulai dari pengetahuan sains, kepercayaan, ilmu hukum hingga mitos. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki bisa membuat seseorang lebih cerdas dan tidak mudah untuk diperdaya orang lain.

Pengertian Pengetahuan

Pengertian adalah sebuah informasi yang didapat dari berbagai sumber dan dipercaya oleh seseorang. Kenyataannya, pengetahuan tidak hanya berkaitan dengan teori saja, melainkan bisa berupa hipotesis, konsep, prosedur, prinsip hingga deskripsi. Pengetahuan yang baik selayaknya berguna untuk orang yang memahami informasi yang didapat ataupun orang lain. 

Baca juga: Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Sugiyono 2015

Pengetahuan akan didapatkan ketika seseorang melihat atau merasakan sebuah objek ataupun kejadian yang telah terjadi. Dengan adanya pengtahuan ini, seseorang bisa mengantisipasi agar tidak melakukan hal yang membahayakan. Ataupun menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk mendapatkan manfaat. Setiap orang memiliki hak untuk mendapatkan pengetahuan. Selama informasi memang terbuka untuk umum, seperti sejarah, kejadian yang belum lama terjadi hingga ilmu pendidikan lain.

Pengertian Pengetahuan Menurut Notoatmodjo 2014 PDF

Pengertian pengetahuan merupakan hasil dari penggunaan indra manusia atau bisa juga hasil dari pemberitahuan orang lain mengenai sebuah objek yang diketahui menggunakan indra miliknya sampai akhirnya menghasilkan pengetahuan. Lebih lanjut, Notoatmodjo (2014) menjelaskan bahwa pengetahuan merupakan sebuah hal yang sudah diketahui oleh orang baik dalam jumlah kecil maupun besar. 


Jenis-Jenis Pengetahuan

Pengetahuan Langsung (Immediate)
Pengetahuan ini didapat langsung tanpa harus melewati yang namanya proses pikiran ataupun penafsiran. Dalam hal ini pengetahuan yang dimaksud berupa pengetahuan mengenai hewan, tumbuhan hingga kendaraan.

Pengetahuan tak langsung (mediated)
Jenis pengetahuan ini mendapat hasil dari proses berfikir yang berlangsung lama dengan pengalaman yang telah dilewati dan ada pengaruh interpretasi.

Pengetahuan indrawi (perceptual)
Sesuai dengan namanya, pengetahuan ini didapatkan menggunakan indra manusia. Contohnya seperti mengetahui bentuk pohon dengan indra pengliharan, mengetahui bau harum bunga menggunakan indra penciuman. 


Pengetahuan konseptual (conceptual)
Pengetahuan ini masih berkaitan dengan indrawi dimana manusia tidak bisa membentuk konsepsi secara langsung mengenai objek sebelum berhubungan dengan alam eksternal.

Pengetahuan partikular (particular)
Jenis pengetahuan ini erat kaitanya dengan individu dan realitas khusus. Seperti pada saat membahas mengenai kitab atau seorang individu.

Pengetahuan universal (universal)
Pengetahuan ini berupa informasi yang umum dimiliki oleh manusia. Biasanya akan mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian informasi mengenai pengertian pengetahuan beserta jenis-jenisnya. Pengetahuan begitu penting karena akan membuat manusia bisa menjadi lebih baik kedepannya.


Pengertian Pengetahuan Menurut Notoatmodjo - Posbali

Posting Komentar untuk "Pengertian Pengetahuan Menurut Notoatmodjo 2014 Pdf"