Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Sugiyono 2015

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Sugiyono 2015

Menurut Wikipedia, penelitian kualitatif merupakan penelitian dengan dominan melakukan analisis dan memiliki sifat deskriptif. Penelitian tersebut lebih menonjolkan bagian proses dan makna. Tujuan dilakukannya penelitian kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena dengan cara mengumpulkan data.

Selain itu juga bertujuan untuk menunjukkan isi dengan detail dan kedalaman dari data yang dianalisis. Semakin banyak data yang didapatkan, semakin banyak informasi, dan lengkap maka kualitas yang didapatkan dari penelitian tersebut juga semakin berkualitas.

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Pendapat Ahli Sugiyono Tahun 2015

Banyak para ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai penelitian tersebut. Namun, salah satu ahli yang pendapatnya sering digunakan adalah Sugiyono. Penelitian kualitatif menurut ahli Sugiyono adalah langkah yang ditempuh dengan landasan filsafat postpositivisme.


Tujuannya adalah untuk meneliti kondisi objek secara alamiah dengan menjadikan peneliti sebagai pengambilan sumber data, alat kunci, dan snowbal. Untuk menekankan makna pada generalisasi, teknik yang digunakan berupa gabungan, analisis dengan sifat kualitatif, dan hasil penelitian.

Hal tersebut tertuang dalam pengertian penelitian kualitatif menurut Sugiyono tahun 2015. Ketika melakukan penelitian, pasti membutuhkan prosedur. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti merumuskan masalah, mengumpulkan sejumlah data, merumuskan hasil, dan menyusun rekomendasi dengan tujuan membuat keputusan. 


Sedangkan untuk tahapan dalam melakukan penelitian tersebut dibutuhkan lima tahap. Tahap pertama adalah mengangkat tema permasalahan. Tahap kedua adalah memunculkan pertanyaan ketika melakukan penelitian. Tahap ketiga yaitu mengumpulkan data yang terkait permasalahan. Tahap keempat melakukan analisis. Tahap kelima menjawab pertanyaan.

Selain itu terdapat beberapa jenis metode yang dilakukan dalam penelitian kualitatif. Pertama, fenomenologi yakni dengan memerhatikan masalah fenomena yang akan dilakukan penelitian. Kedua, etnografi di mana bertujuan untuk mengkaji budaya dan bahasa agar mudah berkomunikasi. 


Ketiga, studi kasus di mana penelitian langsung dilakukan pada kasus yang terjadi dalam masyarakat. Keempat, teori dasar di mana teori yang ditemukan untuk menguatkan fakta yang ada. Kelima, historis di mana penelitian dilakukan pada peristiwa yang sudah berlalu.

Sekarang Anda bisa memahami secara singkat dan mempunyai gambaran mengenai penelitian kualitatif. Itulah pengertian penelitian kualitatif menurut Sugiyono.


Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Sugiyono - Posbali

Posting Komentar untuk "Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Sugiyono 2015"