Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Metode Survey Menurut Sugiyono

Pengertian Metode Survey Menurut Sugiyono

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, survey merupakan bentuk kata tidak baku dari survei. Survei sendiri berati pengukuran jika dilakukan terhadap tanah. Bisa juga berati sebagai teknik dalam melakukan riset atau penyelidikan dengan memberikan batasan yang jelas dari data. Metode survey berdasarkan Sugiyono bisa Anda lihat ulasannya.

Pengertian Metode Survey Menurut Pakar Ahli Sugiyono

Sugiyono merupakan salah satu pakar ahli yang cukup terkenal dalam mengemukakan pendapat mengenai sesuatu. Salah satu contohnya adalah metode survey. Ketika ingin melakukan penelitian, maka hal yang dibutuhkan adalah sebuah metode. Metode berati teknik yang digunakan untuk mendapatkan sesuatu berdasarkan faktor dengan tujuan yang sudah ditentukan. 

Baca juga: Pengertian Geomorfologi Menurut Para Ahli

Pada tahun 2014, Sugiyono mengemukakan mengenai pengertian dari metode penelitian. Menurutnya, metode penelitian adalah rangkaian cara ilmiah dalam mendapatkan data yang diinginkan dengan tujuan tertentu. Dalam melakukan penelitian tersebut, yang digunakan adalah metode penelitian survey.

Menurut pendapat Sugiyono, penelitian survey berati penelitian terhadap populasi besar atau kecil dengan mempelajari sampel data yang berasal dari populasi. Tujuannya adalah untuk menghadirkan kejadian yang relatif, distribusi, dan berkaitan erat antar variabel psikologis dan juga sosiologis. 


Melihat pengertian di atas, pengertian metode penelitian survey menurut Sugiyono adalah rangkaian cara yang dilakukan dengan mempelajari sampel dengan tujuan untuk menemukan kejadian yang saling berkesinambungan. Adanya penelitian survey agar hasil yang didapatkan semakin akurat.

Sedangkan metode survey dilakukan agar data bersifat alamiah dengan melakukan penelitian dan pengumpulan sejumlah data. Dalam melakukan penelitian, biasanya akan menggunakan pendekatan, seperti pendekatan deskriptif dan pendekatan verifikatif. Adanya pendekatan tersebut, data yang dihasilkan memang benar-benar adanya. 


Hal ini dikarenakan pihak peneliti menggunakan metode yang disesuaikan dengan permasalahan data tersebut. Manfaat dengan melakukan pendekatan agar masalah yang diteliti benar-benar menemukan solusi. Selain itu, dapat mencari akar permasalahan dan penyebab sampai ke akar.

Itulah penting bagi para peneliti dalam menggunakan metode dan pendekatan saat melakukan survey. Itulah pengertian dari metode survey menurut Sugiyono, salah satu pakar ahli yang terkenal.


Pengertian Metode Survey Menurut Sugiyono - Posbali

Posting Komentar untuk "Pengertian Metode Survey Menurut Sugiyono"