Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli

Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli

Dalam dunia digital seperti sekarang ini, media audio visual begitu penting. Karena dengan adanya media ini bisa untuk mentransmisikan berbagai audio serta visual. Sehingga akan mempercepat pengiriman informasi yang dibutuhkan oleh pihak lain. Media audio visual ini biasanya digunakan untuk pembelajaran, broadcasting dan lain sebagainya. Jadi perannya memang begitu penting untuk sekarang ini.

Pengertian Media Audio Visual Secara Umum

Media audio visual bisa diartikan sebagai media yang memiliki bagian suara dan juga gambar di dalamnya. Kemampuannya dalam kedua hal tersebut membuat jenis media ini banyak digunakan. Dengan kata lain, media audio visual ini menjadi alat bantu untuk berbagai hal agar penyampaiannya lebih jelas. 

Baca juga: Pengertian Pengetahuan Menurut Notoatmodjo 2014 Pdf

Pengertian Audio Visual Menurut Para Ahli

Menurut Arsyad ( 2002 : 94 )
Media audio visual merupakan sebuah media visual yang didalamnya terkandung unsur suara yang ditambahkan dalam produksinya. Dengan kata lain, terdapat suara berupa penjelasan yang akan membuat media visual itu lebih hidup dan mudah untuk dipahami bagi siapapun yang mengaksesnya.

Menurut ( Snaky, 2010 : 105 )
Media audio visual berarti gabungan alat yang bisa memproyeksikan media gambar yang bergerak serta bersuara. Kombinasi antara gambar dan suara bisa membuat karakter yang sesuai dengan objek yang asli. Media ini bisa membuat sesuatu berupa visual mirip dengan objek yang digambarkan, beserta suara aslinya sehingga membuat orang yang melihat maupun mendengar lebih paham.


Menurut Sudjana dan Rivai (2003: 58 )
Media audio visual diartikan sebagai kumpulan peralatan yang digunakan oleh guru ketika memberikan gagasan, konsep maupun pengetahuan yang nantinya bisa ditangkap oleh indra penglihatan maupun pendengaran. Jadi media ini sebagai penyalur informasi yang bisa diterima oleh indera penglihatan maupun pendengaran.

Menurut ( Hermawan, 2007 )
Media audio visual diartikan sebagai media intruksional modern yang telah sesuai berdasarkan zamannya yang berkaitan dengan hal yang bisa dilihat maupun didengar. Dengan kata lain, media yang memanfaatkan perkembangan zaman untuk melakukan penyampaian informasi dengan lebih jelas.


Media audio visual kini banyak dipakai dalam penyiaran televisi, channel YouTube, ataupun yang lainnya. Karena pada dasarnya ada dua hal yang harus ada, yakni audio dan visual.


Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli - Posbali

Posting Komentar untuk "Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli"