Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kebudayaan Menurut Ki Hajar Dewantara

Pengertian Kebudayaan Menurut Ki Hajar Dewantara

Dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan selalu dikaitkan dengan peninggalan nenek moyang yang berkaitan dengan norma dan ritual-ritual tertentu. Hal ini tentu saja tidak sepenuhnya benar dan tidak pula boleh disalahkan. Karena ritual peninggalan nenek moyang memang termasuk dalam sebuah budaya.

Pada kenyataannya kebudayaan suatu peradaban selalu berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Kebudayaan memang identik dengan tradisi dan ritual namun kebudayaan modern juga memiliki identitas tersendiri yang membuatnya bisa dikategorikan dalam sebuah kebudayaan.

Pengertian kebudayaan Menurut Ki Hajar Dewantara

Menurut penuturan ki hajar dewantara kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat. Hal ini membuat kebudayaan tak selalu harus identik dengan hal yang sifatnya tradisional namun bisa saja kebudayaan diciptakan di era modern seperti sekarang ini.

Baca juga: Pengertian Kebudayaan Menurut Selo Soemardjan

Senada dengan ki hajar dewantara pengertian kebudayaan menurut selo soemardjan juga tidak mengikat kebudayaan dengan waktu. Selo soemardjan mengemukakan bahwa kebudayaan merupakan hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Jadi tidak selalu kebudayaan harus identik dengan tradisionalisme.

Pengertian Kebudayaan Menurut Pakar Ahli Lain

Adapun pengertian kebudayaan menurut Koentjaraningrat adalah keseluruhan sistem, gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar. Sekali lagi budaya tidak terikat dengan waktu sebuah gagasan ditemukan.


Secara garis besar dapat ditarik kesimpulan bahwa kebudayaan bisa saja diciptakan pada era modern sesuai dengan kemampuan berpikir dan bertindak masyarakat dalam sebuah peradaban tertentu. Di era modern seperti ini justru potensi untuk munculnya kebudayaan baru akan lebih besar.

Ada banyak faktor yang bisa memicu adanya kebudayaan baru di era modern, salah satu yang paling krusial adalah mudahnya pertukaran informasi yang tentunya akan membuat perpaduan antara beberapa kebudayaan akan melebur dan menjadi sebuah kebudayaan yang baru.

Tak harus sebuah budaya identik dengan tradisi atau peninggalan nenek moyang seperti yang selalu dibicarakan oleh masyarakat. Budaya bisa tercipta karena ada kemampuan berpikir dan bertindak dari seseorang yang bisa membawa dampak berarti bagi kehidupan sosial dalam bermasyarakat.


Pengertian Kebudayaan Menurut Ki Hajar Dewantara - Posbali

Posting Komentar untuk "Pengertian Kebudayaan Menurut Ki Hajar Dewantara"