Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kebudayaan Menurut Edward B Taylor

Pengertian Kebudayaan Menurut Edward B Taylor

Tahukah Anda bahwasannya kita sebagai manusia merupakan makhluk budaya. Di mana sebagai makhluk kita diberikan akal untuk berpikir oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga sebagai makhluk Allah kita mempunyai beraneka ragam kemampuan serta kelebihan.

Manusia disebut sebagai makhluk budaya karena kehidupan manusia sangat kompleks. Begitupula dengan hubungan yang berjalan bersama manusia sangatlah luas. Yakni hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan makhluk hidup yang berada di alam, hubungan manusia dengan alam, dan hubungan manusia dengan Sang Pencipta.

Baca juga: Pengertian Budaya Menurut Linton

Pengertian Kebudayaan

Jika berbicara mengenai budaya ataupun kebudayaan, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan kebudayaan?

Budaya merupakan suatu langkah dalam hidup yang berkembang yang dimiliki oleh suatu kelompok dan berasal dari generasi ke generasi atau diwariskan secara turun temurun. Budaya tidak hanya berasal dari satu sisi saja, melainkan berasal dari banyak unsur yang rumit, seperti keagamaan dan politik, tradisi adat istiadat, perkakas, bangunan, pakaian, karya seni, serta bahasa.


Sementara pengertian kebudayaan menurut Edward B Taylor merupakan keseluruhan yang kompleks. Di mana di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapatkan seseorang sebagai anggota masyarakat.

Ada beberapa ahli yang mengemukakan tentang pengertian budaya yang berada dalam diri manusia. Seperti pengertian budaya yang dikatakan oleh Edward B Taylor di atas hampir sama dengan pendapat beberapa ahli yang lainnya.


Unsur-unsur Kebudayaan

Beberapa ahli menggolongkan unsur-unsur kebudayaan dalam setiap pokok kehidupan seperti ulasan berikut ini.
  • Bahasa
  • Sistem pengetahuan
  • Sistem peralatan hidup serta teknologi
  • Sistem mata pencaharian
  • Organisasi sosial
  • Sistem religi
  • Kesenian
Komponen kebudayaan pada setiap unsur kebudayaan universitas tersebut telah mendarah daging di dalam ketiga bentuk kebudayaan seperti gagasan, aktivitas serta artefak. Sementara berdasarkan wujudnya, wujud kebudayaan digolongkan menjadi dua komponen yakni kebudayaan material dan kebudayaan non material.

Itulah ulasan singkat mengenai pengertian kebudayaan menurut Edward B Taylor serta apa saja yang menjadi unsur kebudayaan yang telah disepakati oleh beberapa ahli, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.


Pengertian Kebudayaan Menurut Edward B Taylor - Posbali

Posting Komentar untuk "Pengertian Kebudayaan Menurut Edward B Taylor"