Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Geomorfologi Menurut Para Ahli

Pengertian Geomorfologi Menurut Para Ahli

Dalam pendidikan geografi, dikenal dengan istilah geomorfologi. Bagi kalian yang memilih jurusan geografi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian geomorfologi dari berbagai ahli. Pendapat dari para ahli ini begitu penting karena bisa dijadikan referensi untuk memahami suatu pengertian yang harus diketahui dengan tepat.

Pengertian Geomorfologi

Dalam bahasa Yunani, Ge berarti bumi, morfe berarti bentuk dan logos diartikan sebagai mempelajari. Secara umum, geomorfologi bisa diartikan sebagai ilmu yang akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan bentuk permukaan dan juga bentang alam di muka bumi. Selain itu juga akan mempelajari bagaimana terbentuknya permukaan bumi seperti sekarang ini. 

Baca juga: Pengertian Media Audio Visual Menurut Para Ahli

Pengertian Geomorfologi Menurut Para Ahli

Menurut Cooke
Geomorfologi diartikan sebagai pembelajaran yang akan mempelajari bagaimana bentuk lahan serta pemekarannya. Mulai dari sifat asal mula yang alamiah dan juga proses perkembangannya sampai terbentuk serta komposisi material apa saja yang terkandung. Siapapun yang mempelajarinya akan mengetahui secara detail mengenai bentuk bumi.

Menurut Van Zuidam
Geomorfologi adalah sebuah pembelajaran mengenai bentuk bumi atau lahan. Berbagai hal lain yang akan dipelajari diantaranya proses apa saja yang mempengaruhi dalam pembentukannya. Kemudian akan meneliti kaitannya antara proses dan juga bentuk dalam tatanan keruangan. Dalam hal ini, proses terbentuknya lebih ditekankan karena menjadi kunci dalam terbentuknya bentuk dataran bumi.


Menurut Verstappen
Geomorfologi adalah ilmu pengetahuan mengenai bentuk lahan yang membentuk dataran atau muka bumi. Ini tidak terlepas dari bagian bawah laut maupun di bagian atas. Ilmu ini akan lebih menekankan ke asal mula serta perkembangan pada masa mendatang dan juga konteks dengan lingkungan sekitar.

Menurut Thornbury
Geomorfologi diartikan sangat singkat olehnya, dimana geomorfologi merupakan ilmu yang mempelajari bentuk lahan di permukaan bumi. Nantinya tetap akan mempelajari bagaimana proses terjadinya, material apa saja yang membentuk dan lain sebagianya.


Dalam ilmu geografi, ilmu geomorfologi pasti akan didapatkan. Untuk bisa memahami dengan baik, pendapat para ahli ini perlu untuk diketahui. Sehingga akan memahami pengertian sesuai dengan pemahaman masing-masing.


Pengertian Geomorfologi Menurut Para Ahli - Posbali

Posting Komentar untuk "Pengertian Geomorfologi Menurut Para Ahli"