Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Budaya Menurut Linton

Pengertian Budaya Menurut Linton

Di Indonesia pengertian budaya menurut kbbi adalah pikiran akal budi atau adat istiadat. Pada faktanya masyarakat selalu mengaitkan bahwa budaya adalah hal yang berkaitan dengan peninggalan nenek moyang dan menutup kemungkinan bagi era modern untuk disebut sebagai sebuah budaya.

Perbedaan cara pandang masyarakat dan para ahli ini disebabkan oleh minimnya literasi dari masyarakat indonesia yang membuat terhambatnya informasi untuk tersebar. Padahal apabila literasi dari masyarakat indonesia bisa ditingkatkan hal seperti ini tidak akan terjadi.

Baca juga: Pengertian Kebudayaan Menurut Ki Hajar Dewantara

Pengertian Budaya Menurut Linton

Menurut R. Linton budaya adalah konfigurasi dari tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentukannya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu. Menurut definisi ini maka budaya akan terus berkembang seiring dengan kemampuan masyarakatnya.


Ada banyak sekali pengertian kebudayaan menurut para ahli lainnya yang meskipun memiliki perbedaan diksi dalam penyampaiannya namun secara garis besar tetap sama. Budaya merupakan buah pikiran dari masyarakat yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sosial dalam peradaban tersebut.

Karena kebudayaan merupakan buah pikiran maka tidak menutup kemungkinan jika di era modern seperti sekarang ini akan tercipta budaya baru. Baik itu berasal dari peleburan beberapa budaya yang menjadi satu karena mudahnya pertukaran informasi antara individu, atau budaya yang benar-benar baru.

Sebuah budaya tidak harus selalu dikaitkan dengan tradisionalitas dan juga peninggalan nenek moyang seperti yang banyak dimengerti oleh masyarakat indonesia. Kebanyakan masyarakat masih mengaitkan budaya dengan tradisi nenek moyang yang selama ini mereka lakukan, hal ini tidaklah salah, namun juga tidak sepenuhnya benar.


Pemikiran seperti ini membuat apa yang sebenarnya bisa dikatakan sebagai budaya baru menjadi tidak diakui oleh masyarakat. Atau bahkan masyarakat tidak sadar jika mereka saat ini sedang berada dalam sebuah budaya baru namun mereka masih terperangkap dalam definisi budaya yang mereka salah artikan.

Untuk itulah pentingnya meningkatkan literasi agara apa saja buah pikiran di masyarakat tidak terbuang percuma dan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Ketika masyarakat sadar akan pergeseran budaya maka masyarakat tersebut akan menjadi lebih peka dan juga berusaha untuk memajukan sebuah peradaban.


Pengertian Budaya Menurut Linton - Posbali

Posting Komentar untuk "Pengertian Budaya Menurut Linton"