Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian dan Unsur Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Jelaskan Pengertian dan Unsur Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Pengertian kebudayaan adalah seluruh sistem gagasan, kegiatan, ataupun hasil karya yang memiliki nilai-nilai, pandangan kehidupan, serta tujuan yang dapat diterima sebagai kebenaran maupun hal baik. Baik secara sengaja maupun tidak, hal tersebut biasanya telah diterima secara serentak dalam suatu tatanan masyarakat di suatu wilayah.

Secara singkat, kebudayaan adalah kesepakatan bersama dalam kehidupan masyarakat yang diikuti, dipertahankan, serta dikembangkan. Atau juga bisa diartikan, bahwa kebudayaan merupakan segala tingkah laku manusia yang didapatkan melalui adanya proses.

Jika membahas mengenai kebudayaan, salah satu pakar Indonesia juga turut menyampaikan pendapatnya. Salah satunya yaitu pengertian dan unsur unsur kebudayaan menurut Koentjoroningrat.


Pengertian dan Unsur Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat (2015:11), Budaya adalah suatu “daya budi” yang bisa berupa cipta, karsa, serta rasa. Sementara kebudayaan adalah hasil dari ketiga “daya budi”tersebut. Koentjaraningrat (2015:2) juga mengemukakan 7 unsur kebudayaan pelengkap. 7 unsur kebudayaan menurut Koentjoroningrat beserta contohnya adalah sebagai berikut:
  • Sistem religi dan upacara keagamaan yang mencakup segala ide, pelajaran, aturan keagamaan, cerita suci, riwayat tokoh, tata cara dalam upacara, dll.
  • Sistem dan organisasi kemasyarakatan yang mencakup struktur kasepuhan adat, rapat adat, kelompok janger, adat perkawinan, dll.
  • Sistem pengetahuan yang merupakan seperangkat unsur yang erat kaitannya dengan cara mengetahui hal-hal utama dan dasar yang penting. Pemahaman tersebut meliputi flora dan fauna, zat-zat mentah di lingkungan alam, tubuh fisik manusia, sifat dan tingkah laku, hingga ruang dan waktu.
  • Bahasa dari setiap suku bangsa yang mampu memberikan petunjuk dengan berbagai variasi yang dipengaruhi banyak hal. Di antaranya dipengaruhi oleh letak geografis wilayah, kondisi lingkungan sosial, serta beberapa pengaruh lainnya.
  • Kesenian yang meliputi seni tari, seni rupa, folklore atau karya sastra yang penyebarannya melalui komunikasi lisan, nyanyian, ataupun musik.
  • Sistem mata pencaharian hidup atau cara bertahan hidup yang meliputi bertani, berternak, distribusi bahan makanan, dan lain sebagainya.
  • Sistem teknologi dan peralatan sederhana seperti membuat alat yang menunjang produksi, wadah, senjata, alat-alat pembuat api, dll.
Itulah tadi pengertian dan unsur unsur kebudayaan menurut Koentjoroningrat secara lengkap. Secara garis besar, kebudayaan merupakan wujud dari seluruh aktifitas manusia terkait seluruh aspek dalam kehidupan.


Pengertian dan Unsur Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat - Posbali

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian dan Unsur Unsur Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat"