Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Cara penyebaran Virus Corona yang Harus Diwaspadai


Kasus positif covid19 di Indonesia masih terus bertambah setiap harinya. Hingga kini lebih dari 3.000 kasus positif telah ditemukan dan mendapatkan perawatan sesuai dengan kondisinya. Dari jumlah kasus tersebut 300 lebih sudah dinyatakan sembuh dan lebih dari 300 jiwa meninggal dunia. Diharapkan dengan sistem perawatan yang lebih baik dari hari ke hari dan dengan aturan pemerintah dengan berbagai kebijakan terkait virus corona, jumlah kasus menurun dan yang paling penting dapat menekan angka kematian.

Dalam satu harinya, penambahan kasus virus ini bisa mencapai 300an kasus baru. Angka yang tak sedikit untuk sebuah virus influenza. Apalagi kasus ini sudah menyebar hampir di semua provinsi Indonesia sehingga tak ada tempat yang betul-betul terbebas dari orang yang sudah positif covid19. Artinya siapapun bisa terkena penularannya apalagi jika tidak mematuhi himbauan pemerintah untuk tetap berdiam diri di rumah demi menghindari penularan virus ini. Namun Anda juga tak perlu khawatir berlebihan karena dengan mengetahui cara penularannya, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan sehingga diri sendiri dan keluarga bisa terhindar dari virus mematikan tersebut.

Berikut ini adalah cara penularan virus yang perlu Anda waspadai:

  1. Seseorang yang positif covid19 mengandung virus tersebut di percikan air liur atau dropletnya. Droplet tersebut bisa keluar jika ia sedang berbicara, bersin atau batuk. Droplet yang keluar akan membawa serta virus yang dapat melayang di udara sebelum akhirnya terhirup oleh orang di sekitar. Virus ini berukuran sangat kecil sehingga dengan mudah bisa terhirup melalui hidung atau masuk melalui mulut dan mata akibat menempel langsung saat penderita batuk dan bersin. Karena itu bagi mereka yang sakit diwajibkan menggunakan masker untuk menyaring droplet yang keluar. Mereka yang sehat pun saat keluar rumah diwajibkan menggunakan masker untuk menyaring udara yang dihirup atau yang bisa masuk melalui mulut.
  2. Cara penularan virus corona lainnya yaitu droplet yang dikeluarkan penderita melalui bicara, bersin dan batuk tadi jatuh dan menempel di permukaan benda seperti pakaian, lantai, buku, permukaan meja dan lainnya. virus yang menempel tersebut masih hidup dan bisa aktif jika masuk ke dalam tubuh seseorang. Virus tersebut bisa saja masuk setelah menempel pada tangan yang tidak sengaja menyentuh permukaan benda terkontaminasi dan menggunakan tangannya untuk memegang area wajah. Karena itu sangat disarankan bagi Anda yang berada di luar rumah untuk lebih sering mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau cairan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%. Hindari juga memegang area wajah saat belum mencuci tangan agar Anda terhindar dari penularan covid19.


Dengan mengerti cara penularan virus corona, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada sehingga melakukan pencegahan-pencegahan yang dibutuhkan untuk bisa melindungi diri dan keluarganya dari ancaman virus tersebut. setelah Anda pulang kembali ke rumah, ingat bahwa mungkin saja pakaian, tas dan sepatu Anda menjadi benda yang terkontaminasi virus sehingga pastikan Anda langsung melepas semua atribut yang digunakan kemudian mandi dan ganti baju. Cuci semua barang yang dibawa keluar dengan cairan desinfektan baru temui keluarga jika semuanya sudah steril. Jika Anda mengalami gejala penyakit, jangan panik dan lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu melalui Halodoc. Dengan begitu Anda bisa tetap berada di rumah dibandingkan langsung menuju ke rumah sakit rujukan karena belum tentu Anda mengalami penularan covid19.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Cara penyebaran Virus Corona yang Harus Diwaspadai"