Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanya Jawab Dokter Kulit Online: Mengulas Tentang Penyakit Kulit dan Makanan Sehat untuk Kulit


Kulit tentu membutuhkan tabir surya supaya dapat menjaga kelembapan sehingga tampilan tetap sehat dan indah. Walaupun asupan kulit dari luar sudah baik tetapi lingkungan tinggal juga perlu diperhatikan, begitu juga dengan makanan dari dalam untuk mendorong kesehatan kulit secara alami. Tanya jawab dokter kulit online untuk mengetahui jenis penyakit dan makanan sehat untuk kulit manusia.

Berikut adalah beberapa penyakit kulit diantaranya:

  1. Eksim merupakan penyakit gatal, dibarengi kulit bersisik, memerah dan pecah lalu muncul gelembung kecil dengan nanah maupun air, penyakit ini terjadi pada bagian tangan, telinga dan lipatan paha, sebagai bentuk alergi terhadap rangsangan kimia dan menyerang orang yang rentan terhadap alergi.
  2. Melanoma merupakan penyakit berbahaya yaitu kanker kulit yang dapat mengakibatkan kematian jika tidak diobati, muncul pada kulit kepala dan leher dengan gejala peradangan.
  3. Campak merupakan penyakit yang menular melalui virus dan cenderung dialami anak-anak, gejala ini ditandai dengan sakit kepala, bersih, lesu, pilek dan demam, ruam merah kecoklatan pada badan setelah beberapa hari bercak akan muncul pada bagian leher, kepala dan telinga.
  4. Bisul merupakan penyakit dari adanya infeksi bakteri stafilokokus aureus yang membuat benjolan merah dan membesar berada pada area sela bokong, lipatan paha, kepala, ketiak, faktor penyebabnya adalah kebersihan buruk, luka, penggunaan bahan kimia dan pelemahan diabetes.


Selain itu, terdapat jenis penyakit kudis dari parasit tungau biasanya dialami oleh orang yang berada di lingkungan kumuh dan tidak menjaga kebersihan tubuh. Kudis muncul pada bagian bawah ketiak, pinggang, rasa gatal pada sela jari dan rasa gatal akan semakin parah ketika malam hari. Herpes merupakan penyakit kulit yang tidak merata dan munculnya benjolan lepuh dengan berisi air sehingga membuat kulit menjadi lebih sensitif. Psoriasis merupakan penyakit dimana kondisi kulit menjadi mengering, memerah, terkelupas, menebal dan bersisik apabila digaruk maka sisik akan rontok, penyebabnya adalah traum, stress dan tingkat kalsium menjadi rendah.

Kurap merupakan penyakit kulit karena adanya jamur sehingga muncul bercak putih pada kulit dan memberikan rasa gatal pada area kulit kepala, leher dan tengkuk. Cacat air disebabkan adanya varicella zoester virus yang katanya dialami sekali seumur hidup dan menyerang anak-anak dengan gejala bintik merah muda dan menular melalui sentuhan, ludah dan lendir dari penderitanya. Jerawat merupakan penyakit yang berhubungan dengan kelenjar minyak kulit dan penyebabnya adanya kebersihan, hormonal dan stres.

Berikut adalah makanan untuk kesehatan kulit diantaranya:

  1. Strawberry dengan makanan kaya vitamin C untuk melembabkan kulit dan menetralkan radikal bebas karena sinar UV serta mendorong proses sintesis kolagen.
  2. Pepaya dengan vitamin C untuk melindungi sel kulit karena kerusakan dan membantu perbaikan DNA karena rusak oleh sinar UV.
  3. Tomat dengan kandungan karotenoid dan likopen mampu melindungi kulit dan sangat baik jika dikonsumsi 2 ½ sendok makan dan jus 350 ml selama 10 hingga 12 minggu untuk hasil maksimal.
  4. Edamame merupakan makanan dengan kandungan isoflavon dan antioksidan untuk menjaga penuaan dini dan membantu produksi kolagen.

Tanya jawab dokter kulit online dengan paprika merah yang memenuhi 200% dari vitamin C untuk melindungi sel kulit. Labu dengan kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A untuk sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Bayam dengan kandungan vitamin C, E dan K, zeaxanthin dan pilih bayam paling atas dengan bayam yang banyak mendapatkan cahaya matahari.

Posting Komentar untuk "Tanya Jawab Dokter Kulit Online: Mengulas Tentang Penyakit Kulit dan Makanan Sehat untuk Kulit"