Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Jahit Mini Beserta Kelebihan dan Kekurangan


Memiliki hobi menjahit atau bahkan menjadi profesi Anda tentunya Anda membutuhkan mesin jahit yang berkualitas tinggi. Tujuannya yaitu supaya dapat mendukung proses menjahit agar berjalan dengan sebaik mungkin. Salah satu jenis mesin jahit yang tepat digunakan untuk Anda yang baru proses belajar menjahit yaitu mesin jahit mini.

Cara mendapatkan mesin jahit mini tersebut Anda tidak perlu bingung, karena tempat jual mesin jahit JD ID model mini bisa Anda temukan dengan sangat mudah dan yang pasti untuk harga yang ditawarkan tidak akan membuat kantong Anda jebol. Meskipun Anda bukan seorang penjahit, akan tetapi dengan memiliki mesin jahit, Anda bisa memperbaiki beberapa jenis pakaian yang sobek atau rusak tanpa harus pergi ke tukang jahit.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini

Sesuai dengan namanya, bahwa untuk mesin jahit mini ini memiliki ukuran yang minimalis dan tidak sebesar pada mesin jahit pada umumnya. Sementara jenis mesin jahit mini terbagi menjadi dua jenis yaitu mesin jahit tangan dan mesin jahit portable. Untuk mesin jahit tangan ini memiliki bentuk seperti staples dan memiliki ukuran yang tergolong lebih kecil.

Sedangkan untuk mesin jahit portable ini mempunyai sistem pengoperasian yang hampir sama dengan mesin jahit umumnya. Akan tetapi untuk ukurannya pun cenderung lebih kecil dan juga ringan, sehingga sangat mudah ketika ingin dipindah-pindahkan. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mesin jahit mini, diantaranya:

Kelebihan:

  • Jenis mesin jahit mini mempunyai harga yang cenderung lebih murah dan sangat terjangkau, sehingga bagi Anda yang ingin menghemat biaya pengeluaran bisa memilih mesin jahit mini.
  • Mesin jahit yang kecil dan ringan maka lebih memudahkan para penggunanya pada saat ingin membawanya kemanapun dan yang pasti lebih menghemat ruangan.
  • Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun sudah dilengkapi dengan dinamo maupun baterai. Dengan begitu pada saat terjadi mati listrik Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan baterai atau dinamo tersebut.
  • Dilengkapi dengan sistem pola yang sangat mudah dioperasikan, sehingga bagi para pemula yang ingin belajar menjahit tidak akan mengalami banyak kesulitan. Mesin jahit mini juga tepat dijadikan sebagai sarana untuk belajar menjahit.
  • Sudah memiliki desain jahitan yang menarik dan cantik.


Kekurangan:

  • Bahan dasar dari mesin jahit terbuat dari plastik, sehingga dari segi body mesin jahit cenderung ringkih.
  • Hanya dapat digunakan pada jenis kain tertentu saja, karena mesin jahit mini tidak bisa digunakan untuk menjahit pada kain yang tebal. Misalnya seperti jeans, tas maupun yang lainnya.
  • Tidak dilengkapi dengan garansi pembelian. Apabila mengalami kerusakan Anda tidak bisa menggaransikan mesin jahit mini yang sudah Anda beli tersebut.
  • Hanya dapat digunakan untuk para pemula atau orang yang baru belajar mesin jahit saja. Sehingga untuk mesin jahit mini tidak bisa digunakan untuk bekerja karena keterbatasan dalam menjahit.
  • Rawan terhadap kerusakan karena komponen yang ada di dalamnya pun juga tidak sebagus seperti mesin jahit pada umumnya. Sehingga saat digunakan Anda harus berhati-hati.
Penggunaan mesin jahit memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, karena memang untuk mesin jahit yang dijual di pasaran mempunyai bentuk dan ukuran yang sangat beragam. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan pembelian di tempat jual mesin jahit murah JD ID, karena hanya dengan toko online JD ID inilah Anda tidak hanya menemukan harga yang murah saja. Namun juga bisa mendapatkan berbagai pilihan mesin jahit yang Anda inginkan.