2019, Hibah Badung Berbasis e-Hibah

posbali.id

MANGUPURA, POSBALI.ID – Pemerintah Kabupaten Badung akan menerapkan hibah dengan sistem eletronik atau e-Hibah di tahun 2019. Dengan penerapan e-Hibah permasalah serta temuan-temuan dapat diminalisir. Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa pun tidak menampik persoalan hibah yang menjadi sorotan aparat penegak hukum termasuk KPK. Untuk selanjutnya melakukan perbaikan dengan tetap mengacu pada peraturan yang berlaku.

“Proses apa pun yang kemarin terjadi, kita segara selesaikan.  Bagiamana membangun sistem yang bagus tanpa meninggalkan yang di tahun 2018,” kata Adi Arnawa, Senin (5/2) sesuai menghadiri rapar dengan pihak legislatif.

Rapat antara eksekutif dan legislatif juga dipenuhi dengan sejumlah pertanyaan mengenai pencairan hibah yang nilai memberatkan masyarakat yang difasilitasi anggota DPRD. Hal itu berbeda dengan hibah yang diverikan oleh Bupati Badung kepada masyarakat. “Prisipnya hibah yang diserahkan bupati sudah on the track (sesuai dengan aturan,red),” kata Adi Arnawa termasuk telah memenuhi peraturan yang syaratkan yakni by name by addres.

Ditambahkannya,dengan penerapan e-hibah proses pengjuan hibah menjadi lebih tertib dan tidak boleh ada tawar menawar. “e-hibah ini kan tidak main-main, tidak boleh ada tawar menawar lagi. waktu, persyaratan termasuk mungkin kalau ada kelompok masyarakat yang sudah dua kali berturut-turut secara otomatis sistemnya akan menolak, jadi sudah on the track,” jelas Mantan Kadispenda Badung ini.

Dalam rapat juga terungkap hibah yang dikeluarkan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta sebesar Rp500 miliar, sementara hibah yang difasilitasi anggota DPRD Badung sebesar Rp150 Miliar. Selian itu, Dewan juga mengeluhkan sulitnya administrasi pencairan hibah yang difasilitasinya untuk kepentingan masyarakat. 020

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *